TUGAS AKHIR

A.      Pengertian Tugas Akhir dan Skripsi
  1. Tugas Akhir adalah karya ilmiah yang dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pada semester akhir masa studi. Karya ilmiah dapat berupa: penelitian ilmiah, kajian pustaka, kerja pengembangan atau perancangan. Kemandirian mahasiswa berarti mahasiswa berinisiatif secara kreatif merancang penelitian, melakukan penelitian serta menulis laporan dan mampu mempertanggungjawabkannya secara ilmiah.
  2. Skripsi adalah laporan akhir dari hasil tugas akhir yang harus dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan menjadi bahan evaluasi penting dalam tugas akhir
B.       Tujuan Tugas Akhir dan Skripsi

Setelah menjalani proses pembelajaran, seorang calon sarjana harus menunjukkan kemampuan ilmiahnya. Tujuan tugas akhir bagi seorang calon sarjana adalah :

  1. Mengaplikasikan semua pengalaman pendidikan yang telah diperolehnya untuk memecahkan masalah dalam bidang-bidang tertentu yang dipilihnya secara sistematis, logis, kreatif berdasarkan data/informasi yang akurat
  2. Menuangkan segala sesuatu yang telah dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan didukung oleh analisis yang kritis dan valid dalam bentuk penulisan karya ilmiah (skripsi)
  3. Mempertanggungjawabkan hasil kerja yang telah dituangkan dalam skripsi secara khusus dan komprehensif
C.      Target Tugas Akhir

Target utama dari tugas akhir bagi calon sarjana adalah:

  1. Mempunyai sikap mental ilmiah yang tegas dan mantap
  2. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian yang berdasarkan rasional tertentu yang dinilai penting dan bermanfaat ditinjau dari beberapa segi
  3. Mampu melaksanakan penelitian mulai dari penyusunan rancangan penelitian, pelakasanaan penelitian, sampai pelaporan hasil penelitian dalam bentuk skripsi
  4. Mampu melaksanakan kajian secara kuantitatif dan kualitatif, menarik kesimpulan yang jelas, serta mampu merekomendasikan hasil penelitiannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
  5. Mampu mempresentasikan dan mempertahankan hasil Tugas Akhir di dalam forum ujian lisan di hadapan tim dosen penguji
D.      Evaluasi Pelaksanaan Tugas Akhir

Evaluasi pelaksanaan dilaksanakan sejak tugas akhir diprogram dalam KRS di semester yang sedang berjalan. Evaluasi ini dilakukan oleh dosen pembimbing (minimal dua orang). Kompetensi yang ditekankan dalam evaluasi pelaksanaan adalah :

  1. Keterampilah ilmiah (hardskill)
  2. Sikap dan tanggung jawab ilmiah (softskill)
  3. Komunikasi ilmiah (softskill)

Evaluasi pelaksanaan mempunyai bobot 45% dari total penilaian tugas akhir. Hasil evaluasi pelaksanaan diserahkan kepada administrasi jurusan sebagai syarat/ persyaratan pelaksanaan seminar tugas akhir.

E.       Evaluasi Skripsi dan Seminar

Evaluasi Seminar Hasil dilakukan oleh 2 (dua) orang pembimbing, mahasiswa wajib mendeseminasikan hasil penelitian dan tugas akhirnya di hadapan audiensi mahasiswa. Evaluasi Seminar Hasil Tugas Akhir mempunyai bobot 10% dari total penilaian tugas akhir, dengan komponen penilaian :

  1. Penyampaian Hasil (vokal, antusiasme pada topik, sikap, dan interaksi)
  2. Isi (penguasaan materi, fokus pemaparan, relevansi poin pemaparan, integrasi pemaparan)
  3. Alat Bantu (power point, gambar, tabel)

Sedangkan evaluasi skripsi dilakukan oleh 3 (tiga) orang penguji skripsi. Evaluasi skripsi mempunyai bobot 30% dari total penilaian tugas akhir, dengan komponen penilaian :

  1. Tata penulisan (tata bahasa, presentasi data, kelengkapan, tata letak.layout)
  2. Integrasi informasi (judul dan isi, latar belakang, rumusan, masalah, landasan teori, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, lampiran pendukung)
F.       Evaluasi Komprehensif Tugas Akhir (Ujian Komprehensif)

Evaluasi Komprehensif dilakukan minimal oleh 3 (tiga) orang penguji skripsi, terdiri dari 2 (orang) pembimbing sebagai penguji saksi dan penguji II, dan 1 (satu) orang di luar pembimbing sebagai penguji I/ utama. Evaluasi komprehensif mempunyai bobot 15% dari total penilaian tugas akhir, dengan komponen penilaian:

  1. Pemahaman terhadap bidang (dasar teori dan perhitungan, pemahaman terhadap topik tugas akhir)
  2. Kemampuan menjawab secara konseptual (menjelaskan, memprediksi, pemetaan konsep, berdebat)
  3. Sikap