Deskripsi Mata Kuliah Program Studi S1 Manajemen

 

MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)

1.      Ilmu Kealaman Dasar (IAD)

(Manajemen : 1110333) /  3 SKS

(Akuntansi : 1210333) /  3 SKS

(Manajemen Perkantoran : 1110133) /  3 SKS

 

Deskripsi Mata kuliah ini menjadi peletak dasar-dasar IPA sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang komprehensif mengenai metode ilmiah dan ilmu pengetahuan secara umum. Materi ini mencakup 1.) Hakikat Ilmu Alamiah Dasar, 2.) Alam Pikiran Manusia dan Perkembangannya, 3.) Kelahiran Alam Semesta, 4.) Alam Semesta sebagai Sistem, 5.) Metode Ilmiah, 6.) Sumberdaya Alam, Lingkungan serta Pengelolaannya, 7.) Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi, Perkembangan, dan Implementasinya
Referensi Mata kuliah ini menjadi peletak dasar-dasar IPA sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang komprehensif mengenai metode ilmiah dan ilmu pengetahuan secara umum. Materi ini mencakup 1.) Hakikat Ilmu Alamiah Dasar, 2.) Alam Pikiran Manusia dan Perkembangannya, 3.) Kelahiran Alam Semesta, 4.) Alam Semesta sebagai Sistem, 5.) Metode Ilmiah, 6.) Sumberdaya Alam, Lingkungan serta Pengelolaannya, 7.) Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi, Perkembangan, dan Implementasinya
Referensi 1.         Herabudin. 2010. Ilmu Alamiah Dasar. CV. Pustaka Setia : Bandung

2.         Ati Hamoni, Pengantar Ilmu Alamiah Dasar, Gunadarma, Jakarta, 1992.

3.         Ilmu Alamiah Dasar, Bagian Proyek Peningkatan Tenaga Akademik, Dirjen Dikti, Depdiknas, Jakarta, 2001.

4.         Suryadi HS, Aljabar Logika dan Himpuna, Gunadarma, Jakarta, 1995.

2.   Ilmu Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD)

(Manajemen : 1110733) /  3 SKS

(Akuntansi : 1210732) /  3 SKS

     (Manajemen Perkantoran : 1110133) /  3 SKS

Deskripsi Mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) adalah salah satu  dari mata kuliah kelompok Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) di perguruan tinggi . Visi kelompok MBB di perguruan tinggi merupakan sumber nilai dan pedoman bagi penyelenggaraaan program studi guna mengantarkan mahasiswa  memantapkan: kepribadian, kepekaan sosial, kemampuan hidup bermasyarakat, pengetahuan tentang pelestarian, pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup, dan mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Misi kelompok MBB di perguruan tinggi membantu menumbuh kembangkan: daya kritis, daya kreatif, apresiasi, dan kepekaan mahasiswa terhadap nilai-nilai sosial dan budaya demi memantapkan kepribadiaannya sebagi bekal hidup bermasyarakat selaku individu dan mahluk sosial yang: (a) bersifat demokratis, berkeadaban, dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, bermartabat serta peduli terhadap pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, (b) memiliki kemampuan untuk menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, dan (c) ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah sosial budaya dan lingkungan hidup secara arif. Matakuliah ISBD mengetengahkan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep manusia, konsep-konsep kebudayaan, konsep-konsep sosiologi, konsep-konsep nilai, moral, dan hukum, dan konsep-konsep sains, teknoloi, seni, dan lingkungan.
Referensi 1.      Baker, A. 1992. Ontologi: Metafisika Umum. Kanisius. Yogyakarta.

2.      Geerzt, H. 1980. Aneka Budaya dan Komunitas di Indonsia. Yis dan FIS UI. Jakarta.

3.      Kuntowijoyo. 1990. Metodologi Sejarah. Tiara Wacana. Yogakarta.

4.      Salam, Burhanuddin. 1988. Filsafat Manusia (Antropologi Metafisika). Bina Aksara.    Jakarta.

5.      Schuon, F. 1997.  Hakikat Manusia. Pustaka Pelajar. Yogakarta.

6.      Setiadi, Elly M. dkk. 2006. ISBD. Kencana. Jakarta.

7.      Soekanto, Soejono. 1983. Struktur Masyarakat. Rajawali. Jakarta.

8.      Suleman, munandar. 1995. Ilmu Budaya Dasar. Eresco. Bandung.

KULIAH KERJA NYATA
 
 
 
 

MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK)

1.      Logika (1210232)  / 2 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini merupakan pengetahuan yang membawa pada cara berpikir logis dan ilmiah dalam menyelesaikan setiap permasalahan. tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses penalaran (pemikiran) manusia secara sistematis dan normatif menuju kepada kebenaran. Proses berpikir/nalar perlu memperoleh perhatian yang serius, karena proses berpikir/nalar akan menghasilkan pada suatu hipotesa dan atau suatu kesimpulan.Tujuan tersebut tentunya secara konseptual memerlukan cara-cara atau proses berpikir yang sistemtis dan mematuhi norma-norma berpikir, yang dalam filsafat ilmu biasa disebut bahwa berpikir harus sistemtis, radikal dan universal.

 

Referensi 1.      W. Poespoprodjo dan EK. T. Gilarso,  Logika Ilmu Menalar: Dasar-Dasar

2.      Berpikir Tertib, Logis, Kritis, Analitis, Dialektis.  Bandung:  Pustaka Grafika, 2006.

3.      Jujun S. Suriasumantri, 1994, Filsafat Ilmu,Sebuah Pengantar Populer, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

4.      FX. Muji Sutrisno dan Budi Hardiman (ed), 1992, Para Filsuf Penetu Gerak Zaman,    Cetakan 1, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

 

2.      Pengantar Bisnis (1220133)/ 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah yang memberikan pengertian dasar dan pengenalan pada pemahaman bisnis. Pemahaman tersebut bukan hanya bersifat definisi, melainkan aplikasinya serta factor-faktor lain yang berhubungan. Pemahaman mengenai bisnis akan mencakup pemasaran, manajemen sumber daya, akuntansi serta dasar strategi bisnis yang mampu menganalisa dan memilih bentuk organisasi bisnis, pengelolaan sumber daya dan investasi serta strategi yang tepat dalam memenangkan kompetisi bisnis yang akan dihadapi.
Referensi Fuad, M; dkk. (2001), Pengantar Bisnis. Gramedia, Jakarta

Madura, Jeff. (2001), Pengantar Bisnis. Salemba Empat-UI, Jakarta

Suprihanto, J dan Sumarni, M. (1995). Pengantar Bisnis. Liberty, Yogyakarta

Umar, Husein. (2000). Bussiness anda Introduction, Gramedia, Jakarta

3.         Pengantar Manajemen (1120233) / 3 SKS
Deskripsi Pengantar Manajemen merupakan dasar dalam mempelajari bidang – bidang fungsional manajemen lain seperti manajemen operasional/produksi, pemasaran, keuangan dan manajemen sumber daya manusia. Mata kuliah ini memberikan informasi yang berguna dan relevan dalam membatu mahasiswa untuk memahami konsep – konsep pokok dan teori dasar tentang manajemen sebagai sebuah sistem yang berproses di suatu organisasi. Melalui mata kuliah ini diharapkan diperoleh pemahaman mengenai : dasar – dasar manajemen dan organisasi, sejarah perkembangan ilmu manajemen,fungsi – fungsi pokok manajemen yang meliputi fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian/staffing,fungsi memimpin, memotivasi dan berkomunikasi serta fungsi pengendalian/pengawasan, tingkatan – tingkatan manajemen dan ketrampilan yang harus dimilikinya, peran – peran utama manajemen dan pengaruh kebudayaan terhadap gaya manajemen.
Referensi 1.   Stoner, James A.F (terjemahan). Manajemen, Jilid I dan II. Jakarta : Erlangga, 2002

2.   Konntz, Harold, Cyril O’donnel, dan Heinz Weihrich (terjemahan). Manajemen, jilid I dan II. Jakarta:Erlangga,2002.

3.   James A.F.Stoner /Charles Wankel.(terjemahan) Manajemen. Jilid I dan II. Edisi Kelima. Jakarta : CV. Intermeia Jakarta,1996

Bacaan Penunjang

§  Paus Yohanes Paulus II(terjemahan)Ensiklik Laborem Exercens tentang Makna Kerja Manusia. Ende : Flores :Nusa Indah,1984.

§  Strauss,George dan Leonard Sayles.(terjemahan) Manajemen Personalia.Jilid I. Jkarta : PT. Pustaka Binaman Pressindo, 1996.

4.      Teori Ekonomi Mikro (1120333) / 3 SKS
Deskripsi Teori Ekonomi Mikro adalah Teori Ekonomi atau disebut teori harga. Teori Ekonomi Mikro menekankan pembahasan pada mekanisme 2 pelaku ekonomi yaitu produsen dan konsumen dalam menetapkan harga. Perilaku konsumen ditekankan pada upaya bagaimana konsumen mendapatkan kepuasan maksimum dengan budget yang dimiliki, sedangkan perilaku produsen ditekankan pada upaya  produsen dalam mendapatkan keuntungan dengan kendala/batasan sumber daya yang dimiliki. Selanjutnya struktur pasar yang mempertemukan produsen dan konsumen memberikan peluang kepada masing – masing pelaku ekonomi sesuai dengan tujuannya.
Referensi 1.   N. Gregory Mankiw. 2003. Principles of Economics, 2nd ed. Diterjemahkan: Haris Mundandar, Pengantar Ekonomi Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2003.

2.   Prathama Rahardja dan Mandala Manurung, Teori Ekonomi Mikro: suatu pengantar, Buku Seri Teori Ekonomi, Edisi ketiga, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 2004.

5.      Teori Ekonomi Makro (1120343) / 3 SKS
Deskripsi Mata Kuliah ini bertujuan memberikan pendalaman) teori ekonomi makro, dan meliputi pokok-pokok bahasan utama baik dalam perekonomian tertutup maupun terbuka, antara lain perihal, indikator-indikator ekonomi makro seperti produk domestik bruto, kesempatan kerja dan pengangguran, inflasi, keseimbangan eksternal dan pembentukan nilai tukar.Mata Kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang elemen-elemen pembentuk permintaan dan penawaran agregatif, teori pertumbuhan ekonomi serta kebijakan ekonomi, baik fiskal maupun moneter serta dampaknya terhadap perekonomian.Studi kasus tentang dampak kebijakan ekonomi terhadap perekonomian Indonesia juga menjadi bagian dari mata kuliah ini. Disamping pendekatan kualitatif, pendekatan dengan menggunakan metode kuantitatif, grafis dan empiris diajarkan dalam mata kuliah ini dengan tujuan agar para mahasiswa mendapatkan ketrampilan analisis yang memadai.
Referensi a.       Mankiw, N. Gregory, Macroeconomics, Edisi ke 5, Worth Publisher, 2003, (MNG)

b.      Dornbush R, Stanley Fischer, Richard Startz, Macroeconomics, Edisi ke 9, McGraw Hill, 2004 (DSR)

Bacaan Penunjang

§  Outlook ekonomi, berbagai penerbitan, Bank Indonesia, Bappenas, Bank Dunia, IMF, Asian Developmnet Bank,

§  Data Ekonomi, berbagai sumber, Badan Pusat Statistik.

 

6.      Matematika Ekonomi dan Bisnis (1220633) / 3 SKS

Deskripsi Matematika merupakan alat untuk menyederhanakan penyajian dan pemahaman masalah. Dengan menggunakan bahasa matematika suatu masalah dapat menjadi lebih sederhana untuk disajikan, dipahami, dianalisis dan dipecahkan. Berbagai konsep matematika kini menjadi alat analisis yang penting dalam ilmu ekonomi.
Referensi Dumairy, 1990. Matematika Terapan, UGM Press, Yogyakarta.

Chiang, 1987. Introduction to Mathematic, MacMillan, New York.

Silabus Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, 2007

7.      Dasar-dasar  Akuntansi (1130133)/ 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini merupakan suatu fungsi mendasar dan persyaratan mutlak dalam kegiatan perusahaan. Mata kuliah ini membantu para mahasiswa mengetahui metode pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan dalam perusahaan jasa dan dagang, konsep, prinsip, prosedur dan teknik pencatatan akuntansi untuk pos-pos dalam laporan keuangan, masalah-masalah khusus di bidang akuntansi dalam perusahaan yang berbentuk persekutuan, perseroan terbatas dan koperasi.
Referensi Niswonger. Crollin, Accounting Principle, 13th, South-Western Publishing Co, 1999

Smith, Jay. M. Jr. and Skousen, Intermediate Accounting, South Western Publishing Co, Cincinnati, 1999

Suwardjono. Akuntansi Pengantansi

Al. haryono Jusup. Dasar-dasar Akuntansi

Ikatan Akuntansi Indonesia. Standar Akuntansi Keuangan

8.      Bahasa Inggris Bisnis (1220733)
Deskripsi Mahasiswa mampu mengenal, mengidentifikasikan, menyusun,dan menerapkan kata, ungkapan, serta kalimat berbahasa Inggris dengan benar sehingga mampu berkompetisi dalam dunia kerja yang global dan profesional.
Referensi Active Listening (handbook)

Active Listening (MP3 recording)

Business English Material.com

9.   Sistem Informasi Manajemen (1132433) /3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini membekali mahasiswa mengenai sistem informasi manajemen, pembahasan konsep dasar sumberdaya, teknologi informasi dan keunggulan strategik, model pendekatan sistam dan pengembangan sistem, pengetahuan mengenai pemrosesan data, database dan komunikasi data.  Bekal tersebut bermanfaat untuk mengetahui sistem informasi serta komponen-komponen secara mendalam dalam subsistem pemasaran, manufaktur, keuangan dan lain-lainnya, sehingga mahasiswa mampu menganaisis dan mengkonsep sistem informasi yang dibutuhkan.
Referensi 1.  McLeod Jr. Reymond, George P. Scell. 2008. Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

2.  McLeod Jr. Reymond. 2001. Sistem Informasi Manajemen, Jilid 1, Edisi 7. Jakarta: Prehalindo.

3. McLeod Jr. Reymond. 2001. Sistem Informasi Manajemen, Jilid 2, Edisi 7. Jakarta: Prehalindo.

10.     Akuntansi Intermediate (1130233) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini akan menjelaskan penggunaan informasi akuntansi secara khusus dalam pengelolaan keuangan. Materi kuliah akan dimulai dari pemahaman tentang konsep akuntansi, kas dan investasi jangka pendek, piutang dan klasifikasinya, persediaan dan pengelolaannya, metode penilaian persediaan, penilaian aktiva baik berwujud maupun tak berwujud.
Referensi a.          Agus Sratono, 1997. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, BPFE Jogjakarta.

b.         Kamaruddin Ahmad, 1995. Dasar-dasar Manajemen Modal Kerja, Rineka Cipta.

c.          Napa J. Awat, 1999. Manajemen Keuangan, PT. Gramedia Puataka Utama, Jakarta.

d.         Weston and Copeland, E. Thomas, 1997. Managerial Finance, Ninth, The Dryden Press Orlando Florida.

11.     Statistik Ekonomi (1120633) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah keilmuan dan ketrampilan statistika merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan data yang relevan dengan perkembangan ekonomi, serta mencakup aspek-aspek yang dikenal dengan istilah statistik deskriptif
Referensi 1.   Bambang Kustituanto, Statistika 1, Penerbit Gunadarma, Jakarta, 1994

2.   Kazmier, L.J. & N.F. Pohl, Basic Statistics for Business and Economic, Mc Graw Hill Int. Etd.

3.   Levin, Richard I & David Rubin, Statistics for Management, Prentice Hall, New Jersey, 1991

4.   Sudjana, “Statistik untuk Ekonomi dan Niaga”, Jilid 1 dan 2, Tarsito, Edisi ke V, Bandung..

5.   Spiegel, M.R. Statistics. Schaum`s Outline Series, Asian Student ed, Mc Graw Hill.

6.   Weiers, Ronald M., “Introduction to Business Statistics”, 3rd Ed., Duxbury Press.

7.   Walpole, R.E. Pengantar Statistik, Edisi terjemahan, PT. Gramedia, Jakarta, 1992

 

12.     Ekonomi Manajerial (1130333) / 3 SKS

Deskripsi Mata kuliah ekonomi manajerial ini merupakan aplikasi dari teori ekonomi mikro dengan memanfaatkan alat bantu berupa ilmu keputusan dalam suatu organisasi yang mencakup layanan public dan yang bergerak dalam bidang bisnis untuk mencapai tujuan dengan cara yang paling efesien.
Referensi 1.      Salvatore, Dominic (2011) Managerial Economic in A Global Economy, Seventh Edition, Oxford University Press.

2.      Samuelson, Willian F and Stephen GMarks (2012) Managerial Economics, Seventh Edition, John Willey & Sons,Inc.

3.      Mc Guigan, JR., R.C. Moyer, and F.H. Harris (2011) Managerial Economics : Applications, Strategy, and Tactics, Twelfth Edition, South Western,Cengange Learning.

13.        Manajemen Lembaga Keuangan dan Perbankan (1131032) / 2 SKS
Deskripsi Mata kuliah bank dan lembaga keuangan adalah mata kuliah keilmuan dan ketrampilan yang membekali pengetahuan kepada mahasiswa tentang lembaga kuangan yang merupakan jantungnya perekonomian. Dimana dalam mata kuliah ini terdiri dari 2 bahasan pokok dalam 2 semester yaitu lembaga keuangan depositori (perbankan) dan lembaga keuangan non depositori (non perbankan). dan dalam materi ini mahasiswa dibekali dengan berbagai topik yang berhubungan dengan lembaga keuangan depositori yang meliputi antara lain : 1. pengertian lembaga keuangan; 2. sejarah perkembangan perbankan; 3. arsitektur perbankan indonesia; 4. bank sentral; 5. macam-macam perbankan; 6. operasional perbankan; 7. lembaga penjamin simpanna, dll
Referensi 1.         Peni Sawitri, Eko Hartanto, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Seri Diktat Kuliah, Penerbit Gunadarma, Jakarta, 2007

2.         Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Kedua, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 1999.

3.         Prof. Dr. H. Veithzal Rivai, MBA, Andria Permata Veithzal, B. Acct., MBA, Ferry N.Idroes, SE., MM, Bank and Financial Institution Management, Conventional & Sharia System, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2007

4.         Y. Sri Susilo, Sigit Triandaru, A. Totok Budi Santoso, Bank & Lembaga Keuangan Lain, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2000

5.         Sigit Triandaru, A. Totok Budi Santoso, Bank & Lembaga Keuangan Lain,  Edisi 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2006

6.         Frank J. Fabossi, Franco Modiglani, Michael G. Ferri, Pasar & Lembaga Keuangan, Buku Satu, Penerbit Salemba Empat – Prentice Hall, 1999

14.     Aplikasi Komputer Statistik (1131332) / 2 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar penggunaan komputer dan pemanfaatan beberapa program aplikasi komputer Microsoft Excel dan SPSS, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan soft skill mahasiswa untuk pengolahan dan analisis data-data penelitian, survey, sensus, dsb yang berkaitan dengan data manajemen suatu perusahaan.
Referensi 1.      Imam Ghozali (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: UNDIP

2.      Jonathan Sarwono. (2007). Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset

3.      Singgih Santoso. (2002). SPSS Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elek Media Komputindo

4.      Wijaya. (2001). Analisis Statistik dengan Program SPSS 10.0. Bandung:  Alfabeta

a.

15.     Teori Pengambilan Keputusan (1133532)
Deskripsi Mata kuliah ini memberikan pemahaman perkembangan terbaru, permasalahan, atau isu-isu penting (important issue) dalam manajemen operasional di Indonesia dan internasional, memahami konsep dasar dan fungsi-fungsi manajemen operasional, melakukan analisis kasus dengan menggunakan konsep dan metode-metode untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan manajemen operasional.
Referensi 1.         Irham Fahmi, 2013, Manajemen Pengambilan Keputusan, Alfabeta Bandung.

2.         Rizki Dermawan, 2005, Teori Pengambilan Keputusan, Penerbit Alfabeta.

3.         Stevenson dan Ozgur, 2007, Science Management, The McGraw Hill Company

4.         Zulian Yamit ,2004, Manajemen Kuantitatif untuk Bisnis,  BPFE Yogya

5.         Wayne L. Winston, 2004, Operations Research : Applications and Algorithms,          Fourth Ed, Thomson Learning,Inc

6.         Rowe, Alan, 1992, Managerial Decision Making: A Guide to Successful Business Decisions, MacMillan

7.         Sri Mulyono, 2004, Riset Operasi, Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

 

   
16.  Riset Operasi (1130833) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah riset operasioanal mendiskusikan berbagai topik  pembentukan model pemrograman linier dengan berbagai kasus atau masalah yang spesifik sesuai dengan permasalahan di bidang ekonomi manajemen/akuntansi perusahaan
Referensi 1.         Hamdy A. Taha.  Operation Research.:An Introduction , 8 th Edition, Pearson Prentice Hall, 2007.

2.         Hillier, Frederich S. and Lieberman,  Introduction to Operation Research, 7 th Edition McGraw-Hill, 2001.

17.  Perekonomian Indonesia (1120832)
Deskripsi Mata kuliah perekonomian Indonesia merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, 1.Sistem ekonomi Indonesia; 2. Sejarah Ekonomi Indonesia; Pengelolaan Sumber Daya Alam  Indonesia 4. PDB, Pertumbuhan dan Perubahan Struktur Ekonomi ; 5. Kemiskinan dan Kesenjangan ; 6. Otonomi Daerah.; 7. Sektor Pertanian ; 8. Industrialisasi 9. UKM;. 10.  Perdagangan Luar negeri; 11. Neraca Pembayaran.
Referensi 1.     Ainur Rofiq,2013. Kemajuan Ekonomi Indonesia:isu strategis, Tantangan dan kebijakan, Bogor PT Penerbit IPB Press.

2.     Awan Santoso,2013 Perekonomian Indonesia: Masalah,potensi dan Alternatif Solusi.Yogyakarta ,Graha Ilmu

3.     Didin S Damanhuri, Prof .Dr dan Muhammad Findi, Dr 2014. Masalah dan kebijakan Pembangunan Ekonomi Indonesia, Bogor,. PT Penerbit IPB Press.

4.     Faisal Basri, 2002, Perekonomian Indonesia: Jakarta, Erlangga

5.     Indra Maipta, Dr. 2014. Mengukur kemiskinan & Distribusi Pendapatan. Yogyakarta, UPP STIM YKPN

6.     Tulus Tambunan, 2001, Perekonomian Indonesia: Teori dan Temuan Empiris: Jakarta, Ghalia Indonesia

7.     Tulus Tambunan, 2003, Perekonomian Indonesia:Beberapa Masalah Penting: Jakarta, Ghalia Indonesia

18.  Metodologi Penelitian Manajemen (1132033) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini membahas topik sebagai berikut : prinsip dan prosedur penelitian sebagai alat untuk mendeskripsikan, menjelaskan, memprediksikan, dan mengorganisasikan serta mengendalikan berbagai masalah yang muncul dalam dinamika kehidupan bisnis, meliputi: ilmu, metode ilmiah, dan penelitian; masalah, kerangka berpikir, dan hipotesis; objek, metode, dan desain penelitian; operasionalisasi variabel, sumber dan jenis data; teknik dan alat pengumpul data; validitas dan reliabilitas instrumen; populasi dan sampel; metode analisis data, serta aplikasi.
Referensi 1.  Sekaran, Uma (2000). Research Methods for Business, John Willey & Sons, Inc., USA.

2.  Zikmund, W.G. (2004). Business Research Method, Harcourt, Foth Worth

   
19.  Perilaku Organisasi (1130933) / 3 SKS

 

Deskripsi Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, 1. Keorganisasian dan Perilaku Berorganisasi; 2. Kepemimpinan; 3. Desain Organisasi; 4. Perubahan Organisasi; 5. Pengembangan Organisasi

 

Referensi 1.      Gibson, James L., John M., Ivancevich dan James H., Donnely, 2006, Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses, (Terjemahan) Edisi Delapan, Binarupa Aksara, Jakarta.

2.      Hadian, Dedi, 2013, Ilmu Perilaku Organisasi, STIE-Pasundan Pess.

3.      Komang Ardana, Ni Wayan, ANak Agung Ayu Sriathi, 2009, Perilaku Keorganisasian, Graha Ilmu, Yogyakarta.

4.      Manahan P. Tampubolon, 2004, Perilaku Keorganisasian (Organization Behavior), Ghalia Indonesia, Jakarta.

5.      Robbins dan Judge, 2009, Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.

6.      T. Hani Handoko MBA, 2003, Organisasi Perusahaan, BPFE UGM Yogyakarta.

   
20.  Manajemen Keuangan I (1130433) / 3 SKS
Deskripsi Manajemen keuangan merupakan mata kuliah keilmuan & ketrampilan yang memberikan wawasan tentang manajemen keuangan yang membekali mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama  dengan cakupan pembahasan analisis penggunaan rasio laporan keuangan yang ada dalam suatu perusahaan, penilaian surat berharga jangka  panjang, menganalisis biaya modal, penganggaran modal dan teknik penganggaran modal, mengenal  tentang ruang lingkup restrukturisasi perusahaan dan pasar modal.
Referensi 1.     Fred J Weston & Eugene F Brigham, Essential of Managerial Finance, Ninth Edition, The Dryden Press, Florida, 2001

3.   James C Van Horn & John M Wachowicz, Jr, Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, buku 1 dan 2 Edisi 12, , Salemba Empat ,2005

4.   Brigham, Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1 Edisi 11,Salemba Empat ,2011

6. Lukas Setia Atmaja, Manajemen Keuangan, Edisi Revisi, Penerbit Andi Yogyakarta, 2006

21.  Manajemen Pemasaran I (1130533) / 3 SKS
Deskripsi Mata Kuliah ini untuk memperkenalkan mahasiswa pada konsep konsep pemasaran. Mata Kuliah ini juga akan membantu mahasiswa untuk dapat memahami pengaruh lingkungan terhadap pengambilan keputusan dalam manajemen pemasaran perusahaan.
Referensi 1.   Philip Kotler dan Gary Amstrong,2003, Dasar-dasar Pemasaran, Alih Bahasa oleh Alexander Sindoro, Edisi Kesembilan, Jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta

2.   Charles W. Lamb, Joseph F. hair dan carl Mc.Daniel, 2001, Pemasaran, Edisi Pertama, Buku 1 & 2, Penerbit Salema Empat, Jakarta.

3.   Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 1 dan 2, Penerbit Prenhallindo, Jakarta

Bacaan Penunjang

        Brennan, R., Baines, P., and Garneau, P.(2003) Contemporary Strategig Marketing. Palgrave Macmilan.

        Berkowitz, E.N., Kerin, R.A., Hartley, S.W.and Rudelius., W.(1997) Marketing, 5th Edition, Irwin McGraw Hill.

        Kotler, P.and Keller K.L.(2007) Marketing Management,12th ed., Pearson Education, New Jersey.

22.  Manajemen Operasional I (1130633) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini merupakan suatu fungsi mendasar dan persyaratan mutlak dalam kegiatan perusahaan. Mata kuliah ini membantu mahasiswa dalam mengenal konsep dan teori pengelolaan kegiatan produksi dan operasi di perusahaan atau organisasi serta membahas berbagai permasalahan yang terjadi di bidang operasional.
Referensi 1.        Eddy Herjanto, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Kedua, Grasindo, Jakarta, atau Edisi Terbaru

2.        Buffa, Elwood and Rakesh K. Sarin. Modern Production/Operation Management. John Wiley & Son, New York. 1987

3.        T. Hani Handoko, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, BPFE, Yogyakarta, Edisi Terbaru

4.        Sofyan Assauri, Manajemen Produksi dan Operasi, LP FEUI, Jakarta, Edisi Terbaru

Bacaan Penunjang

        Buku-buku Manajemen Operasional lain yang berkaitan (Diusahakan terbitan terbaru)

        Render, Barry and Jay Heizer.. Principles Of Operations Management and Student CD. Prentice Hall, 6th edition. 2005

        Russel, Roberta (Robin) and Bernard W. Taylor. Operations Management: Quality and Competitiveness in a Global Environment. John Wiley & Son, New York. 2005. (dapat dibaca buku lengkapnya on line)

        Buffa, Elwood and Rakesh K. Sarin. Modern Production/Operation Management. John Wiley & Son, new York. 1987

23.  Manajemen Sumber Daya Manusia I (1130733) / 3 SKS
Deskripsi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan bagian dari manajemen umum yang memfokuskan diri pada unsur sumber daya manusia dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sebagai bagian dari manajemen umum, mata kuliah ini memberikan dasar pemahaman kepada mahasiswa bahwa manager personalia adalah seorang yang diberikan peran untuk menjalankan wewenangnya dan kepemimpinannya  terhadap personalia lain, sehingga dia harus menjalankan  berbagai fungsi dasra manajemen (fungsi manajerial) disamping fungsi – fungsi operasionalnya. Fungsi– fungsi manajerial tersebut meliputi perencanaan, pengorganisasian pengarahan, dan pengendalian tenaga kerja, sedangkan fungsi – fungsi operasionalnya meliputi pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, dan pemeliharaan tenaga kerja.
Referensi 1.   Schuler, Randal S. Manajemen Sumber Daya Manusia : Menghadapi Abad 21, Alih Bahasa : Abdul Rosjid, Cetakan 2 Erlangga Jakarta 2004

2.   Hasibuan,Malayu S.P., Manajemen Sumber Daya Manusia,Edisi Revisi, PT.Bumi Aksara Jakarta, Cet.ke-4, 2004.

3.   Siagian,Sondang P., Manajemen Sumber daya Manusia, Edisi 1, Cetakan ke-4., PT.Bumi Aksara Jakarta,2004.

Bacaan Penunjang

§   Wether,William B.Human Resources and Personnel Managent., McGraw-Hill New York, Nine Edition,2006

§   Flippo, Edwin B., Principles of Personnel Management, Kgakusha:McGraw-Hill

24.  Manajemen Keuangan Lanjut (1131233) /  3 SKS
Deskripsi Perkuliahan ini membahas bagaimana manajemen keuangan dapat digunakan untuk membantu memaksimumkan nilai perusahaan. Pembahasan dimulai dengan konsep investasi, struktur modal, pendanaan dan topik-topik khusus di bidang manajemen keuangan.
Referensi 1.         Fred J.Weston & Eugene F Brigham, Essential of Managerial Finance, Ninth Edition, The Dryden Press, Florida, 1993

2.          James C.Van Horn & John M Wachowicz, Jr,. Fundamentals of Financial Management, Ninth Edition, Prentice Hall, New Jersey, 1998

3.         Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4, Yayasan Penerbit Gajah Mada, Yokyakarta, 1999

4.          Suad Husnan & Enny Pudjihastuti, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Keempat,  UPP AMP YKPN, Yogyakarta, 2004

25.  Manajemen Pemasaran Lanjut (1131333) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada konsep-konsep pemasaran. Mata kuliah ini juga akan membantu mahasiswa untuk dapat memahami pengaruh lingkungan terhadap pengambilan keputusan dalam manajemen pemasaran perusahaan.
Referensi Buku Referensi

1.        Philip Kotler dan Gary Amstrong,2003, Dasar-dasar Pemasaran, Alih Bahasa oleh Alexander Sindoro, Edisi Kesembilan, Jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta

2.        Charles W. Lamb, Joseph F. hair dan carl Mc.Daniel, 2001, Pemasaran, Edisi Pertama, Buku 1 & 2, Penerbit Salema Empat, Jakarta.

3.        Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 1 dan 2, Penerbit Prenhallindo, Jakarta

Bacaan Penunjang

        Brennan, R., Baines, P., and Garneau, P.(2003) Contemporary Strategig Marketing. Palgrave Macmilan.

        Berkowitz, E.N., Kerin, R.A., Hartley, S.W.and Rudelius., W.(1997) Marketing, 5th Edition, Irwin McGraw Hill.

        Kotler, P.and Keller K.L.(2007) Marketing Management,12th ed., Pearson Education, New Jersey.

26.           Manajemen Operasional Lanjut (1131433) / 3 SKS
Deskripsi Memahami perkembangan terbaru, permasalahan, atau isu-isu penting (important issue) dalam manajemen operasional di Indonesia dan internasional, memahami konsep dasar dan fungsi-fungsi manajemen operasional secara komprehensif, melakukan analisis kasus (identifikasi masalah,  tinjauan teoritis, dan rekomendasi solusi masalah) dengan menggunakan konsep dan metode-metode untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan manajemen operasional, dan penguasaan software POMWIN untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan manajemen operasional.

Perkuliahan ini membahas manajemen operasi: Peluang dan Tantangan pada Abad 21,  peramalan  (forecasting),Perencanaan Kapasitas dan Aggregate (capacity and aggregate planning), Material Requirement Planning, Manajemen Kualitas (quality management), Strategi Lokasi (location strategy), Manajemen Persediaan (inventory management), Penjadwalan (scheduling), CPM/PERT.

Referensi 1.        Heizer dan Render, 2009,Operations Management, ninth ed,Pearson International

2.        Russel, Roberta.S dan Bernard W Taylor, 2009, Operations Management, Fourth Edition, Pearson Education International

3.        Evans, James R., 2007 Production/OperationsManagement:Quality,Performance,and Value, Fifth Edition,West Publishing Company

4.        Shroeder, Roger G, 2004, Manajemen Operasi Jilid I dan II, Penerbit Erlangga, Jakarta

5.        Buffa, Edwood S dan Sarin, Rakesh K, 1998,Manajemen Operasi/Produksi Modern  Ed 8, Binarupa Aksara

6.        T Hani Handoko,2000, Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Manajemen Operasi, BPFE, Yogyakarta.

27.              Manajemen Sumber Daya Lanjut (1131133) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini merupakan mata kuliah Program S-1 Manajemen.Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mempunyai kompetensi: memahami perkembangan terbaru dan permasalahan/isu-isu penting (important issue) dalam pengelolaan/manajemen sumberdaya manusia di Indonesia dan internasional, memahami konsep Manajemen Sumberdaya Manusia dengan lebih komprehensif dan Manajemen Sumberdaya Internasional, melakukan analisis kasus (identifikasi masalah, analisis situasi, tinjauan teoritis, dan rekomendasi solusi masalah) dengan menggunakan konsep dan metode-metode untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan manajemen sumberdaya manusia.
Referensi 1.         Veithzal Rivai, MBA, Manajemen Sumberdaya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktek, 2004, Grafindo Persada

2.         S Schuller, Randall dan E Jackson, Susan (1999) Manajemen Sumberdaya Manusia Menghadapi abad ke- 21, Edisi ke enam, Penerbit Erlangga.

3.         Ivencevich, John M, 2000, Human Resource Management,  Seventh Ed, McGraw- Hill

4.         Muh Rivai, 2004, Manajemen Sumberdaya Manusia dalam Perusahaan, Salemba Empat

5.         Gary Dessler, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia , Edisi 7, PT. Prenhallindo

6.         Mondy R. Wayne dan Noe, Robert M (2005) Human Resources Management; ninth ed, Pearson Prentice Hall.

7.         Ivencevich, John M, 2002, Human Resource Management in Asia, McGraw-Hill

8.         Milkovich and Boudreau, 2003, Human Resources Management, Eight Edition, Irwin

9.         Walker, 2002, StrategicHuman Resource Planning, Dryden Press

 
28.  Pemasaran Jasa (1135533) / 3 SKS

 

Deskripsi Sektor jasa dalam perekonomian memiliki ciri-ciri yang amat beragam, karena organisasi jasa itu jenisnya bermacam-macam, demikian pula skala usahanya, mulai dari perusahaan internasional, hingga perusahaan yang beroperasi secara lokal. Peran sektor jasa dalam perekonomian dunia juga semakin besar. Organisasi perusahaan dewasa ini berhadapan dengan kenyataan semakin ketatnya persaingan di sektor ini, banyak perusahaan mengembangkan jasa sebagai sumber keunggulan persaingan. Mata kuliah ini menjelaskan pemasaran jasa dengan menggunakan pendekatan hubungan pelanggan yang berorientasi pada paradigma relationship marketing. Paradigma ini menekankan pada pentingnya mempertahankan konsumen dan menciptakan konsumen loyal melalui pemberian kepuasan konsumen dan kualitas secara optimal. Hal ini penting dilakukan oleh pelaku bisnis jasa untuk dapat menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage). Konsep-konsep yang dibahas dalam mata kuliah ini dimulai dari aspek pemahaman mendasar yaitu dengan melihat berbagai aspek dari sudut pandang yang berkaitan dengan perkembangan dan pengaruh lingkungan terhadap bsinis jasa dan pemahaman terhadap konsumen yaitu perilaku konsumen, segmentasi pasar, memahami harapan dan persepsi konsumen. Aspek strategis dan oprasional yang juga perlu dikembangkan adalah pengembangan jasa baru, menciptakan kepuasan pelanggan dan manajemen kualitas jasa. Mata kuliah ini menjelaskan customer relationship dalam pemasaran jasa, strategi serta organisasi pemasaran jasa. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami pentingnya jasa dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, bagaimana strategi dan delivery jasa kepada pelanggan, bagaimana integrasi fungsi-fungsi pemasaran, sumber daya manusia dan operasi dalam manajemen jasa.

 

Referensi 1.      Fandy Tjiptono. 2010. Pemasaran Jasa. Penerbit Andi. Jogjakarta.

2.      Christopher Lovelock, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa Perspektif Indonesia Jilid 1 & 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.

3.      Rambat Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

29.  Perilaku Konsumen (1135633) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini membahas masalah tentang perilaku konsumen berdasarkan pengertiannya, konsep dan teori prilaku untuk memahami perilaku konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk mengembangkan strategi Pemasaran, tipe-tipe konsumen dan segmentasi pasar, teori tentang pengambilan keputusan konsumen, strategii pemasaran, konsumerisme, Undang-undang Perlindungan Konsumen, Etika Bisnis dan tanggungjawab sosial perusahaan.
Referensi 1.         Perilaku Konsumen, James F. Engel, FX Budiyanti, Binanya, Jakarta

2.         Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Hani Handoko, Yogya

3.         Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Sutisna, Rosda, Bandung

4.         Consumers Behavior (Building Marketing Strategy), Hawkins Best Coney, MC GrawHill

5.         Psikologi dalam Perusahaan, Panji Anggoro, Rineka Cipta, Jakarta

6.         Marketing dan Perilaku Konsumen, Winarti, Mender Maju, Bandung

7.         Marketing Management, Kotler, Prentee Hall. Inc, New Jersey

8.         Prinsip, Pemasaran, WJ. Stanton, Y, Lemort, Erlangga, Jakarta

30.     Manajemen Investasi dan Portofolio (1134233) / SKS
Deskripsi Studi tentang proses investasi guna menciptakan nilai dan meningkatkan kesejahteraan pemilik perusahaan. Mahasiswa mampu melakukan analisis untuk melakukan investasi dalam berbagai jenis kemungkinan berdasarkan perhitungan risiko dan pengembalian hasil.
Referensi 1.    Damodaran, Aswath (1996). Investment Valuation: Tools and Techniques For Determining The Value Of Any Asset, University Edition, John Wiley and Sons, New York.

2.    Gitman, L.J., and Joehnk, M. D. (1996). Fundamental of Investing, Sixth Edition, Harper Collins College Publishers, New York.

31.  Manajemen Keuangan Internasional (1134033)
Deskripsi Manajemen Keuangan Internasional dapat didefinisikan sebagai manajemen keuangan untuk perusahaan multinasional. Dua istilah penting dalam manajemen keuangan internasional adalah manajemen keuangan dan perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional itu memiliki beberapa ciri yang berlainan dengan perusahaan domestik. Salah satu karakteristik yang menonjol adalah wilayah operasionalisasi perusahaan yang mencakup beberapa negara, dengan kondisi politik, sosial ekonomi serta kebudayaan yang berbeda-beda. Perbedaan kondisi tersebut juga menimbulkan konsekuensi yang berbeda yaitu dalam hal pengelolaan perusahaan, antara lain bahwa perusahaan multinasional akan menghadapi perubahan kurs mata uang antarnegara yang akan menambah kompleksitas pengelolaan keuangan perusahaan multinasional.
  1.      Shapiro C., Alan, (1999), Multinational Financial Management, John Willey, Inc, New York

2.      Hanafi M., Mamduh, (2003), Manajemen Keuangan Internasional, BPFE, Yogyakarta

3.      Kester, W., Carl, and Timothy A., Luehrman, (1993), Case Problems in International Finance , McGraw Hill, New York

4.      Kuncoro, Mudrajat, (2001), Manajemen Keuangan Internasional: Pengantar Ekonomi dan Bisnis Global, BPFE, Yogyakarta

 

32.  Teori Motivasi dan Kepemimpinan (1134533)

Deskripsi Mahasiswa memahami.dan dapat mengemukakan pengertian motivasi kerja, perannannya dalam organisasi dan produktivitas, berbagai teori mengenai motivasi kerja dan bagaiamana meningkatkan motivasi kerja Memahami dan menkelaskan mengenai kepemimpianan serta memapu menganalisa dan memberikan penilaian terhdap contoh kasus berdasar teori yang ada
Referensi 1.      Bass, BM (1990). Bass and Stogdill’s handbook of leadership theory, research, and managerial application. New York: Free Press, division of Macmillan, Inc

2.      Franken, R.E. 92002). Human Motivation. Balmont: Wadswork/Thomson Learning

3.      Yukl, G. (2002). Leadership in Organization (5th Ed.).New Jersey: Prentice Hall, Inc

4.      Munandar, A.S. 92001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press

5.      Dan sumber-sumber lain yang relevan

33.  Psikologi Industri (1134633) /3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini membahas konsep dasar perilaku organisasi, faktor kepribadian individu yang berpengaruh terhadap perilaku organisasi, upaya-upaya untuk meningkatkan produktifitas organisasi, struktur, dan desain organisasi dalam perusahaan.
Referensi 1.      Hersey, Paul, Blanchard, Kenneth H.,and Johnson, Dewey E. (1996).

2.      Management of Organizational Behavior: utilizing human resources (7th). USA: Prentice-hall internatonal, inc.

3.      Adler. (1989). Interplay. New York: Mc Graw-hill book company.

4.      Spencer, Lyle M. and Signe, M. Spencer. (1993). Competence at work:models fore superior performance. New York: John Willey & Sons, Inc.

5.      Munandar, Ashar Sunyoto. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi.Jakarta: UI Press

34.  Total Quality Management (TQM) (1134933)
Deskripsi Mata kuliah ini dimaksukan menjelaskan konsep mutu secara umum, pengelolaan dan perbaikan mutu secara berkesinambungan dalam sebuah organisasi sehingga mampu menghasilkan barang dan jasa yang lebih baik dalam menciptakan daya saing organisasi. Dalam era globalisasi dan liberalisasi perdagangan, kunci utama untk meningkatkan daya saing suatu perusahaan adalah kualitas atau mutu produk barang dan jasa. Hanya perusahaan yang mampu menghasilkan barang atau jasa yang bermutu kelas dunia yang dapat memenangkan persaingan global.

Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu merupakan paradigma baru dalam menjalankan bisnis (dalam arti luas bukan saja perusahaan industri manufaktur, tetapi termasuk juga perhotelan, rumah sakit, restoran, perbankan, pendidikan dan birokrasi pemerintahan), yang berupaya memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara terus menerus atas mutu produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan organisasi.

Referensi 1.      G. Vincent. 2003. Total Quality Management, Manajemen Bisnis, PT. Gramadia Pustaka Utama Jakarta.

2.      Juran, J.M.,1995. Merancang Mutu; Ancangan Baru Mewujudkan Mutu Ke Dalam Barang Dan Jasa, (terjemahan) PPM., Jakarta.

3.      Juran, J.M. 1988. Kepemimpinan Mutu, Pedoman Meningkatkan Mutu Untuk Meraih Keunggulan Kompetitif, (terjemahan), PPM., Jakarta.

4.      Tjiptono, Fdan Diana Anastasia, 2003. Total Quality Management, Edisi Revisi, Andi Yogjakarta.

5.      Nasution, M.N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu; Total Quality Manajemen, Ghalia Indonesia

 
 
 

MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)

 

1.   Kewirausahaan (1132633) / 3 SKS
Deksripsi Mata kuliah ini  terdiri dari teori tentang konsep dasar kewirausahaan meliputi: sikap, kepribadian dan profil seorang wirausaha, pengenalan potensi diri, pengembangan kemampuan manajerial, keberanian mengambil resiko,pengenalan fungsi model kewirausahaan, mengembangkan ide dan analisis peluang usaha, analisis SWOT, pembuatan rancangan usaha dalam bidang  boga serta mempresentasikannya. Kewirausahaan merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, 1. Kewirausahaan dan karakteristik wirausaha; 2. Berpikir Perubahan; 3. Kreatif dan inovatif; 4. Ide dan peluang usaha; 5. Perancangan proposal bisnis; 6. Etika Bisnis; 7. Intrapreneurship
Referensi 1.         Geofrey,Meridith,(1984), Kewiraswataan teori dan praktek.PT.Pustaka Binawan Presindo,jakarta.

2.         Hisrich,Robert D & Peters,Michael P,(2002),Entrepreneurship,McGraw Hil,New York.

3.         Diktat percepatan pendidikan Entrepreneurship,IKIP Yogyakarta.

4.         Suprodjo Pusposutardjo. (1999). Pengambangan Budaya Kewirausahaan Melalui Mata Kuliah Keahlian. Yogyakarta: Jurnal PT Vol. 1 No. 9

5.         Sukanto Reksodiprojo , Tani handoko.Organisasi perusahaan : Teori dan Perilaku.BPFE.Yogyakarta.1983

6.         Suryana,2003,Kewirausahaan Pedoman Praktis,Kiat dan Proses Menuju Sukses,Salemba Empat  Jakarta.

2.         Praktek Kewirausahaan (1132433) / 1 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini didisain untuk meningkatkan kemampuan dan memberikan pengalaman berwirausaha bagi mahasiswa dengan meningkatkan ketrampilan dan perilaku wirausaha mahasiswa melalui penemuan, presentasi ide, kreativitas, dan inovasi berwirausaha, penyusunan ide berwirausaha, perencanaan dan pengorganisasian berwirausaha, pelaksanaaan dan pengendalian berwirausaha, serta monitoring dan tindak lanjut berwirausaha.
Referensi Modul Praktek Kewirausahaan
 

3.      Komunikasi Bisnis (1132833)

Deskripsi Mata kuliah ini membahas konsep, pola, saluran-saluran komunikasi bisnis, beserta hambatannya, serta tahapan penulisan pesan-pesan bisnis dan komunikasi dalam organisasi, komunikasi antar budaya, keterampilan berbicara dalam berbisnis, dan bagaimana mempraktekannya dalam dunia kerja nyata.
Referensi 1.            Djoko Purwanto. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

2.          Mohamad Wahdi. 2011. Keterampilan dan Strategi Komunikasi Bisnis dengan Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Buku Seru.

3.            Yatri Indah Kusumastuti. 2009. Komunikasi Bisnis. Bogor: IPB Press.

4.            Sutrisna Dewi. 2006. Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

5.         Etika Bisnis dan Profesi  (1133633)
Deskripsi Mata kuliah ini memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai etika di dunia kerja, aktivitas, permasalahan dan pemecahan masalah di dunia kerja. Etika bisnis juga membekali pengetahuan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, mengenai hakekat etika dan bisnis,prinsip-prinsip etis dalam bisnis, bisnis dan lingkungannya, etika dalam menjalankan fungsi perusahaan, hubungan etika dan budaya, dan prespektif etika bisnis.
Referensi 1.   Velasquez, Manuel G, 2005, Etika Bisnis; Konsep dan Kasus, Edisi 5, Yogyakarta: Penerbit Andi

2.   Rindjin, I Ketut, 2004, Etika Bisnis dan Implementasinya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

3.   Sonny Keraf, 1998, Etika Bisnis; Tuntutan dan Relevansinya, Jakarta: Kanisius.

4.   Heru Satyanugraha, 2003, Etika Bisnis, Prinsip dan Aplikasi, Jakarta: LPFR

6.      Manajemen Konflik dan Negosiasi (1134433)
Deskripsi Manajemen konflik membicarakan beberapa aspek yang berkaitan dengan situasi konflik yang meliputi fenomena konflik, jenis-jenis konflik, pengaruh positif dan negatif dari konflik, beberapa asumsi mengenai konflik, hubungan kekuasaan dan proses konflik, gaya manajemen konflik, strategi dan taktik konflik, kebijakan organisasi mengenai konflik, resolusi konflik, baik yang dilakukan sendiri maupun melalui interfensi pihak ketiga, serta resolusi konflik hubungan industrial
Referensi 1.        Wirawan. 2010. Konflik dan Manajemen Konflik; Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta ; Salemba Humanika

2.        Suwarto. 2003. Hubungan Industrial dalam Praktek. Jakarta ; Asosiasi Hubungan Industrial Indonesia

3.        Robbins, S.P. 2001. Organizational Behaviour. Upper Saddle River. NJ : Prentice Hall

4.        Sumardjono, M.S.W, dkk. 2008. Mediasi Sengketa Tanah; Potensi Penerapan Alternatif Penyelesaian Sengketa (ADR) di Bidang Pertanahan. Jakarta : Kompas

5.        Undang-Undang Republik Indonesia (RI) Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat

6.        Undang-Undang Republik Indonesia (RI) Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa

7.        Undang-Undang Republik Indonesia (RI) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh

7.      Manajemen UKM dan Koperasi (1133333)
Deskripsi Dewasa ini semakin banyak anggota masyarakat yang mencoba masuk ke dunia usaha, baik usaha mikro, usaha kecil, menengah. Disamping itu pertumbuhan koperasi di Indonesia juga semakin meningkat. Perkembangan dunia usaha ini didorong oleh kondisi perekonomian nasional yang belum sepenuhnya mampu menciptakan lapangan kerja. Usaha kecil dan menengah sebagai penopang ekonomi nasional perlu mendapat dukungan dari Pemerintah. Cukup berat tantangan yang dihadapi untuk memperkuat struktur perekonomian nasional. Pembinaan pengusaha kecil harus lebih diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pengusaha kecil menjadi pengusaha menengah. Namun disadari pula bahwa pengembangan usaha kecil menghadapi beberapa kendala seperti tingkat kemampuan, ketrampilan, keahlian, manajemen sumber daya manusia, kewirausahaan, pemasaran dan keuangan. Lemahnya kemampuan manajerial dan sumberdaya manusia ini mengakibatkan pengusaha kecil tidak mampu menjalankan usahanya dengan baik. Mata kuliah ini dirancang untuk membantu mahasiswa memahami berbagai aspek yang terkait dengan praktik-praktik manajemen untuk usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi mulai dari merencanakan, mengorganisasikan, memimpin serta mengawasi kegiatan-kegiatan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasiuntuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
Referensi 1.   Muyadi Nitisusastro(2010), Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil, Bandung: Alfabeta

2.   Nofiandri (2003), Manajemen Praktis UKM dan Koperasi, UNRI Press

3.   Zimmerer (2007), Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Jakarta: Salemba Empat

4.   Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan DitJen Pendidikan Nonformal dan Informal Kementerian Diknas(2010), Modul Usaha Kecil, Jakarta

8.      Analisis Kinerja Keuangan (1134333) / 3 SKS
  Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana interpretasi laporan keuangan dengan teknik dan penilaian kinerja keuangan perusahaan, ditinjau dari sudut pandang manajemen, pemilik dan kreditur. Mata kuliah ini juga membahas mengenai bagaimana menyusun laporan arus kas. Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu memahami dan menggunakan laporan keuangan bagi analisis bisnis.
Referensi

1.      Subramanyam, K.R. & Wild, J.J. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Buku 1. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

2.      Subramanyam, K.R. & Wild, J.J. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Buku 2. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

3.      Gitman, L.J. 2006. Principles of Managerial Finance. 11th Ed. Pearson Education, Inc.

4.      Titman, S, Keown, A.J & Martin, J.D. 2011. Financial Management. 11th Ed. Pearson Education, Inc.

 

Supply Chain (1135133) / 3 SKS

Deskripsi Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teori dan praktek kepada mahasiswa tentang Manajemen Rantai Pasokan sehingga memiliki kemampuan dan komptensi untuk menganalisis, mendesain dan mengembangkan sistem mengenai jaringan pasokan dari awal pengadaan sampai ke End User khususnya tentang prinsip dasar dan standar rantai pasok serta prosesnya juga kecenderungan masa depan rantai pasok yang berlaku dan terjadi di lingkungan perusahaan dan pemerintah sehingga memiliki kualitas layanan yang competen di mata end user.
Referensi 1.      Benton WC, Purchasing and Supply Management,Mc Graw-Hill,2007:

2.      Simchi-Levi,David, Designing and Managing the Supply chain, Mc Graw-Hill, 2003:

3.      Wisner, Joel D, Principles Of Supply Chain Management, Thomson South Western, 2005:

4.      Prof. DR. Manahan P. Tampubolon,SE,MM. Manajemen Operasi dan Rantai Pemasok,Mitra Wacana Media,2014:

5.      Andi Ilham Said dkk, Produktivitas dan Efisiensi dengan Supply chain Management, PPM 2006.

Analisis Produktivitas (1135033) / 3 SKS
Deskripsi Mata Kuliah ini mengkaji konsep produktivitas dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi. Produktivitas seringkali dihubungkan dengan efisiensi, efektivitas, kualitas dan kinerja. Sinergi faktor-faktor tersebut dan ditunjang budaya organisasi dan respon yang proaktif terhadap perubahan lingkungan eksternal menjadi hal penting yang perlu dipahami oleh manajemen. Mata kuliah ini juga mengkaji berbagai faktor yang mempengaruhi dan menghambat produktivitas serta perspektif pengelolaan dan pengukuran produktivitas       
Referensi 1.      Riggs, James L (1987). Production Systems : Planning, Analysis, and Control, Wiley and Sons, 4th Edition.

2.      Sumanth, Davis J (1985). Productivity Engineering and Management, McGraw-Hill

3.      Sedarmayanti, 2001, Sumber Daya Manusia Produktivitas Kerja, Bandung : Mandar Maju

4.      Dale Timpe, 1999, Seri Manajemen Sumber Daya Manusia : Produktivitas, Jakarta : PT. Gramedia

Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan (1134833)
Deskripsi Perencanaan produksi sebagai suatu sistem, analisis, metode untuk perencanaan dan pengendalian kegiatan produksi/manufaktur, serta penggunaan teknik-teknik perencanaan dan pengendalian produksi yang berbasis pada konsep Manufacturing Resource Planning (MRP II). Menjelaskan mengenai jenis-jenis peramalan, tujuan dan manfaat peramalan, serta hubungannya dengan permintaan dan produksi. Fungsi perencanaan aggregat, proses disagregasi dan hubungannya dengan jadual induk produksi. Pengertian dari pengendalian persediaan, serta penggunaan metode-metode dari sistem persediaan. Penjadualan mesin, penjadualan tenaga kerja serta keseimbangan lini produksi dan ERP.
Referensi 1.         Lee et al (2005), Operasion Management : Process and Value Chain, Pearsons Education Inc., Upper Saddle River, N.J.

2.         Krajewski, Lee J., Larry P. Ritzman (2005), Operations Management Processes and Value Chains, Pearson Prentice Hall

3.         Fogarty, D.W., Blackstone, J.H. dan Hoffman, T.R., Production and Inventory Management, South-Western Publishing Co., Cincinnati, 1991.

4.         Bahagia, Senator Nur (2006), Sistem Inventori, Penerbit ITB.

5.         Sipper, D., dan Bulfin, Jr., Production Planning Control and Integration, Mc.Graw Hill, 1997.

6.         Dilworth, Production and Operation Management, MHG, Singapore, 1996.

7.         O’Leary, D.E., Enterprise Resource Planning Systems, Cambridge University Press. Cambridge. 2000.

MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)
Akuntansi Biaya (1131633) / 3 SKS
Deskripsi Setelah mengikuti kuliah Akuntansi Biaya mahasiswa mampu memanfaatkan informsi biaya untuk perencanaan dan pengendalian alokasi sumber ekonomi perusahaan dan menghasilkan informasi biaya guna memahami kebutuhan manajemen dalam perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan dan sebagai prasayarat untuk mata kuliah Akuntansi Manajemen.
Referensi 1.      Akuntansi Biaya dan Perencanaan dan Pengendalian, pengarang Adolph Matz Milton F. Usry.

2.      Cost Accounting, A Managerial Emphasis, pengarang Carles T Horngern

3.      Akuntansi Biaya, pengarang Mulyadi, AK

4.      Managerial Accounting, pengarang Ray H Garrison

5.      Akuntansi Biaya dan Pengumpulan dan Penentuan Harga Pokok, pengarang A. Supriyono S.U, Ak

6.      Prinsip Akuntansi Inddonesia, pengarang Ikatan Akuntan Indonesia

 

Teknologi Informasi dan Komunikasi (1110832)

Deskripsi Mata kuliah ini mempelajari tentang penggunaan beberapa perangkat lunak komputer, baik sebagai alat komunikasi dan informasi, maupun untuk mempermudah pekerjaan di bidang teknologi secara umum.  Selain itu, kuliah ini juga memberikan bekal agar mahasiswa tidak terjebak dengan perilaku plagiat (copy & paste), sebaliknya berani dan kreatif mengemukakan ide orisinilnya baik tertulis maupun lisan  Beberapa perangkat lunak yang dipelajari di sini adalah Microsoft Visio, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Matlab maupun Internet Explorer.
Referensi 1.      Petunjuk penggunaan (Manual Book) Microsoft Office.

2.      Palm, William J. III (1999), MATLAB®For Engineering Application, The McGraw-Hill Companies, New York

Manajemen Strategi (1133433)
Deskripsi Mata kuliah manajemen strategi ini mempelajari berbagai topik-topik  strategis pada manajemen baik perusahaan maupun organisasi lainnya  perusahaan. Perkembangan dan penerapan manajemen strategis dalam perusahaan dengan diawali pembentukan filosofi visi misi, melakukan penilaian lingkungan strategis sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada dan perumusan langkah-langkah strategis, audit strategis serta kasus-kasus pada perusahaan.
Referensi 1.         Hargo Utomo, Seri Diktat Kuliah, Gunadarma

2.         Kaplan.,Roberts S., and Norton, David P., 2001, The Strategy Focused Organization, Harvard Business School Press

3.         Hunger, J.David and Wheelen, Thomas L, 2012, Manajemen Strategis, Penerbit Andi Yogyakarta

4.         W.F. Glueck, Business Policy ang Strategic Management, Third Edition, New York : Mc Grawhill, Edisi Terbaru

5.         Agustinus Sri Wahyudi, Manajemen Strategik, Pengantar Proses Berpikir Strategik, Edisi Terbaru

Penganggaran Perusahaan (1132333) / 3 SKS
Deskripsi Mata Kuliah Peranggaran Perusahaan  merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama tentang  prinsip-prinsip, mekanisme serta teknik penyusunan anggaran perusahaan.
Referensi 1.         Gunawan Adi Saputro & Marwan Asri, Anggaran Perusahaan Buku 1, BPFE, Yogyakarta, 2008.

2.         Gunawan Adi Saputro & Marwan Asri, Anggaran Perusahaan Buku 2, BPFE, Yogyakarta, 2008.

3.         Danang Sunyoto, Budgeting Perusahaan, CAPS, Yogyakarta, 2012.

4.         Ida Bagus Agung Dharmanegara, Penganggaran Perusahaan, Teori dan Aplikasi, Graha Ilmu , Yogyakarta, 2010.

Akuntansi Manajemen (1132132) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini membahas tentang informasi akuntansi yang digunakan untuk membantu manajemen dalam melaksanakan pengelolaan perusahaan.
Referensi 1. Charles T. Horngren, Srikant M. Datar, George Foster, MadHav Rajan, dan Christopher Ittner, 2009, Cost Accounting: A Managerial Emphasis, Thirteenth Edition, Pearson Education International, Inc., Upper Saddle River, New Jersey (HSGMC).

2. Dor R. Hansen dan Maryanne M. Mowen, 2007, Management Accounting, Eighth Edition, South-Western, United States of America (HM).

3. Ray H. Garrison, Eric W. Noreen, Peter C. Brewer, 2008, Managerial Accounting, Twelfth Edition, Irwin McGraw-Hill, North America (GN).

Studi Kelayakan Bisnis (1132233) / 3 SKS
Deskripsi Mata Kuliah ini menjelaskan berbagai aspek-aspek yang digunakan untuk menganalisrencana bisnis layak untuk dijalankan sehingga diharapkan dengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa: mampu mendeskripsikan sistematika laporan SKB, mampu membedakan dan mengaplikasikan aspek-aspek pasar dan pemasaran dalam Laporan SKB, mampu mengaplikasikan aspek –aspek Teknis dan Teknologi dalam Laporan, mampu mengaplikasikan aspek –aspek manajemen dan SDM dalam Laporan SKB, mampu mengaplikasikan aspek –aspek Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Laporan SKB, mengaplikasikan aspek –aspek Keuangan perusahaan dalam Laporan SKB, mampu menyusun desain proposal  SKB
Referensi 1.         Ibrahim, Yacob. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta

2.         Umar, Husein. 2001. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta:Gramedia.

 

Praktek Perpajakan (1131731) / 1 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini berkaitan dengan perpajakan pada suatu perusahaan. Dalam kegiatan praktik mahasiswa mampu untuk menyelesaikan semua aspek yang dihadapi oleh perusahaan, yaitu mulai perhitungan pajak, penyusunan, pengisian formulir pajak sampai pemotongan dan penyetoran pajak.
Referensi Waluyo. (2011). Perpajakan 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat.
 
Praktek Perbankan (1131831) / 1 SKS
Deskripsi Mata kuliah Praktikum Perbankan ini dirancang untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang peranan manajemen dalam memberikan nilai tambah pada kegiatan operasional khususnya perbankan dan juga perkembangan teknologi informasi secara umum dan secara khusus dalam perbankan.
Referensi 1.      Jogiyanto. Sistem Teknologi Informasi. Andi Offset. Yogyakarta.

2.      Eko Nugroho. 2008. Sistem Informasi Manajemen : Konsep, Aplikasi dan Perkembangannya. Penerbit Andi, Yogyakarta.

3.      Eko Indrajit. Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Elex Media Komputindo.

4.      Morten Balling, Frank Lierman, and Andy Mullineux. 2003. Technology and Finance. New Cork : Routledge (Taylor and Francis Group).

5.      Yutaka Kurihara, Sadayoshi Takaya and Nobuyoshi Yamori. Global information Technology and Competitive Financial Alliances. 2006. Idea Group Inc.

SEMINAR BIDANG KAJIAN
Seminar Manajemen Keuangan (1133133) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah Seminar Keuangan merupakan mata kuliah yang menitik beratkan pada pendalaman dan implementasi terhadap konsep dan teori Manajemen keuangan dalam praktek-praktek manajemen bisnis. Konsep manajemen keuangan dipahami secara holistik dan terintegrasi pada setiap bagian materi sehingga dipahami sebagai manajemen keuangan perusahaan secara menyeluruh. Konsep pembelajaran yang diterapkan adalah studi kasus, analisis kasus dan seminar hasil-hasil analisa terhadap Manajen keuangan perusahaan. Untuk lebih mendekatkan dengan realistis bisnis maka kasus yang dikerjakan adalah merupakan hasil laporan perusahaan yang riil dan hasil laporan yang dipergunakan adalah yang diterbitkan oleh kantor akuntan publik.
Referensi 1.      James C. Van Horne, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan 1 dan 2 , 13 E, Penerbit Salemba 4

2.       Husnan Suad, Manajemen Keuangan teori dan penerapannya, BPFE 2008   Laporan Keuangan Perusahaan

Seminar Manajemen Pemasaran (1133233) / 3 SKS
Deskripsi Matakuliah ini bertujuan memahami konsep-konsep pemasaran melalui artikel empiris agar mendalami topik bahasan matakuliah terkait sebelumnya khususnya manajemen pemasaran, perilaku konsumen, serta strategi komunikasi. Dengan demikian, mahasiswa akan memperoleh gambaran dan wawasan baru tentang pengelolaan pemasaran dan konsumen secara empiris. Tahap ini embrio proposal penelitian skripsi diharapkan dapat diselesaikan.
Referensi 1.      Kotler, P., & Keller, L. 2009. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall. 2. Cooper, D.R., & Schindler, P.S. 2003.

2.      Business Research Methods. New York: McGraw-Hill.

Seminar Manajemen Operasional (1132933) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami serta mendalami dengan melihat pada kenyataan yang ada secara jelas praktek-praktek yang ada di lapangan dengan menggunakan metode-metode yang telah dipelajari dari sistem produksi baik secara kualitatif dan kuantitatif, yang mana melalui kedalaman dan keluasan dari penerapan on the job management problem serta cara pengaruh lain keputusan dari alternatif-alternatif suatu manajemen secara umum
Referensi 1.      Heizer dan Render, 2009,Operations Management, ninth ed,Pearson International.

2.      Shroeder, Roger G, 2004, Manajemen Operasi Jilid I dan II, Penerbit Erlangga, Jakarta.

3.      Buffa, Edwood S dan Sarin, Rakesh K, 1998,Manajemen Operasi/Produksi Modern  Ed 8, Binarupa Aksara.

4.      T Hani Handoko,2000, Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Manajemen Operasi, BPFE, Yogyakarta.

Seminar MSDM (1133033)
  Mata Kuliah Seminar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) membahas isu-isu konseptual-teoretis maupun praktik MSDM mutakhir dan juga memfasilitasi mahasiswa membuat dan mempresentasikanrancangan penelitian untuk tugasakhir berupa tesis di bidang MSDM. Pembelajaran dilakukan untuk memahami paradigma, teori, dan pendekatan kontemporer serta penerapannya dalam pengembangan MSDM berdasarkan hasil-hasil penelitian maupun studi kasus. Ciri pokoknya adalah pembelajaran tentang isu-isu mutakhir dan pengembangan kemampuan merancang dan mempresentasikan proposal penelitian MSDM yang mendukung peran strategis
Referensi 1.Hellsten, Sirkku, Kristina(2008). “From Information Society to Global Village of Wisdom? The Role of ICT in RealizingSocial Justice in the Developing World.”IGI Global, pp.3126-3148.

2.Adu, Kajsa Hallberg (2014). “What is the Opposite of a Knowledge Society?” IGI Globa (2014), pp.1-19.

3.Friedman, Barry A. (2007). “Globalization Implications for Human Resource Management Roles”. Employ Respons Rights Journal (2007) 19; pp. 157–171.

4.Anell, Barbro I.;Wilson, Timothy L. (2002). “Prescripts: Creating competitive advantage in the knowledge economy.”Competitiveness Review; 2002; 12, 1; pp. 26-37.

 

Pemasaran Internasional (1135433)
Deskripsi Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami berbagai konsep dan metode pemasaran internasional dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum dunia. Pemahaman tersebut diperoleh melalui referensi tertulis dan observasi di perusahaan internasional setempat.
Referensi 1.      Graham, Cateora. Pemasaran Internasional (Jilid 1 dan 2), Jakarta: Salemba Empat

2.      Keegan, Warren J. Manajemen Pemasaran Global (Jilid 1 dan 2). Jakarta: Indeks

3.      Simamora, Henry. Ekonomi Intenasional. Jakarta: Erlangga

4.      Tjiptono, Fandi. Pemasaran Internasional dan Internasionalisasi. Yogyakarta:Penerbit Andi

Manajemen Ritel (1135333) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini mempelajari bagaimana perencanaan dalam manajemen bisnis ritel sehingga dapat mengelola bisnis ini dengan baik. Manajemen ritel adalah mempelajari bagaimana menjadi peritel yang berhasil sehingga harus memahami karakter manusia, trend dalam bisnis ritel, mencegah terjadi pencurian dalam ritel, mngetahui bagaimana cara efektif meningkatkan penjualan, mengetahui teknik penyajian barang dagang dan  bagaimana menciptakan suasana dalam bisnis ritel
Referensi 1.      Asep ST. Sujana, 2012, Paradigma  Baru Manajemen Ritel Moderen  Pendekatan Category Management & Supply Chain Management, Penerbit

2.      Sugiarta, I Nyoman, 2011, Panduan Praktis & Strategis Retail Consumer Goods, Penerbit Expose, Jakarta Selatan

3.      Christina Whidiya Utami, 2010 Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modren di Indonesia, Jakarta, Salemba Empat

4.      Sopiah & Syihabudhin, 2008, Manajemen Bisnis Ritel, ed 1, Yogyakarta, Andi

5.      M. Taufiq Amir,2005, Manajemen Ritel, Panduan Lengkap Pengelola Toko Modern, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

6.      Hendri Ma’ruf, 2005, Pemasaran Ritel, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

7.      Larry D. Redinbaugh, 2004, Retailing Management, Mc. Graw Hill, Inc, USA

Manajemen Pelatihan dan Pengembangan (1134733) / 3 SKS
  Mata kuliah ini menguraikan tentang model-model pelatihan dan cara-cara membuat program-program pengembangan SDM seperti planning for recruitment and selection, planning for human resources development, planning for compensation and benefit. Di samping itu, mata kuliah ini juga menguraikan model-model pengembangan dan pelatihan SDM untuk diterapkan dalam organisasi dan bisnis.
  1.      Walker W. James (1998). Human Resources Planning. Grolier Business Library, Arizona State University.

2.      Crest (1998). The Art of Human Resources Management: Developing Managing Skill. McGraw Hill, USA.

3.      Davies, I. K. (1991). Instructional Technical. McGraw Hill Book Co., USA.

4.      Harris (1996). Human Resources: Practical and Approach. McGraw Hill, USA.

Keuangan Skala Kecil / Keuangan Mikro (1134133) / 3 SKS
Deskripsi Mata kuliah ini menjelaskan tentang pengelolaan keuangan untuk usaha kecil, mengelola usaha kecil. Sebagai pendahuluan, akan dijelaskan mengenai langkah awal membuka usaha skala kecil, menyusun perencanaan bisnis (business plan), menyiapkan mental, serta mengenali sejumlah kesalahan dalam memulai usaha dan juga penjelasan tentang cara mencari dan mendapatkan modal usaha, mengasah keterampilan manajemen usaha kecil, serta menyusun perencanaan keuangan untuk usaha kecil, yang terakhir yaitu tentang mengatur dan mengelola keuangan usaha kecil, mengatur dan mengelola hutang, mencatat transaksi keuangan, mengatur arus kas (cashflow) , serta menyusun laporan keuangan.
Referensi 1.      Fred J Weston & Eugene F Brigham, Essential of Managerial Finance, Ninth Edition, The Dryden Press, Florida, 2001

2.      James C Van Horn & John M Wachowicz, Jr, Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, buku 1 dan 2 Edisi 12, , SAlemba Empat ,2005

3.      William Lee Hays. Penerbit, Brooks/Cole Pub. Co., 1967. Buku asal dari, Universiti Wisconsin – Madison.