Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Katolik Widya Karya 2019

Oleh: Tim Pilmapres UKWK 2019

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan sebuah program yang dijalankan sejak lama oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti. Program ini bertujuan untuk peningkatan budaya berprestasi dan menghargai prestasi serta karya mahasiswa, termasuk model pembinaan di kalangan perguruan tinggi yang secara langsung atau tidak langsung mengangkat martabat mahasiswa serta perguruan tingginya. Program ini juga dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dengan angka kompetisi yang selalu meningkat dan tema yang diusung pun berbeda pula. Tema tahun ini yang ditentukan adalah “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs)”.

Universitas Katolik Widya Karya Malang pun turut berpartisipasi dalam program ini. Pada Januari 2019 Wakil Rektor III UKWK bidang Kemahasiswaan membentuk tim Pilmapres 2019 yang terdiri dari 4 dosen perwakilan setiap Fakultas yang ada di UKWK. Setelah dibentuk maka tim mulai bekerja untuk melakukan tahapan dalam pemilihan mahasiswa berprestasi untuk mewakili UKWK pada tingkat kompetisi di tingkat LLDIKTI Wilayah VII hingga ke tingkat Nasional. Tahapan yang disusun oleh tim Pilmapres UKWK sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahapan tersebut diantaranya seleksi tingkat Fakultas, pembekalan dan pendampingan, seminar dan presentasi, seleksi tingkat universitas, dan terakhir adalah pembuatan video peserta terpilih seleksi universitas.

Seleksi awal yang adalah seleksi yang dilakukan oleh tingkat Fakultas untuk maju pada tahap berikutnya. Pada seleksi Fakultas ini terpilih empat orang perwakilan yaitu Jesica Bengu perwakilan dari Fakultas Ekonomi, Meredith Fiona Efendi perwakilan dari Fakultas Hukum, Yohanes Sri Aji perwakilan dari Fakultas Teknik, dan Vincentius Verdy Permana Putra perwakilan dari Fakultas Pertanian. Keempat perwakilan ini kemudian mengikuti tahap berikutnya yaitu workshop dan pendampingan dari tim Pilmapres 2019. Pada tahap ini, seluruh perwakilan mendapatkan pendampingan untuk mempersiapkan essay yang menjadi syarat utama dalam pilmapres. Para peserta mendapatkan pelatihan dan pendampingan penuh selama 4 hari berturut-turut dengan model karantina.