Profil Program Studi S1 Akuntansi

VISI

Menjadi program studi yang  berkualitas dengan menerapkan IPTEKS dalam karya yang dijiwai nilai -nilai Katolik dan Pancasila

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu akuntansi yang humanis, dialogis, kreatif, inovatif, produktif, efektif-efisien dan interdisipliner
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu akuntansi yang dengan mengintegrasikan berbagai ilmu pengetahuan, melakukan dialog iman dan akal sehat, menaati etika dan terbuka terhadap perkembangan IPTEKS.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang akuntansi untuk menciptakan kesejahteraan umum (bonum commune).

TUJUAN

  1. Meningkatkan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan memiliki kompetensi di bidang ilmu akuntansi
  2. Menghasilkan lulusan program studi akuntansi yang profesional, berintegritas tinggi, dan  tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya (IPTEKS);
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian dalam bidang ilmu akuntansi yang menunjang pengembangan proses pembelajaran serta peningkatan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan sumber daya manusia yang profesional di PS Akuntansi yang selaras dengan kebutuhan masyarakat.
  5. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen kelembagaan untuk menghasilkan tata kelola sarana dan prasarana PS Akuntansi yang baik dan transparan.
  6. Memperluas jaringan kerjasama untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan civitas akademika sesuai dengan bidang ilmu akuntansi

KOMPETENSI LULUSAN JURUSAN AKUNTANSI MELIPUTI 4 BIDANG KEAHLIAN (KONSENTRASI) SEBAGAI BERIKUT :

Kompetensi Bidang Akuntansi Keuangan
Mampu memahami dan menjelaskan Praktek Akuntansi baik secara manual maupun komputerisasi, dan menyajikannya dalam bentuk Laporan Keuangan Periodik, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan, pada perusahaan yang berbadan hukum Perseorangan, Persekutuan, Perseroan Terbatas, dan Koperasi dalam lingkup Perusahaan Swasta, BUMN, Instansi Pemerintah, dan Sektor Publik lainnya.

Kompetensi Bidang Pemeriksaan Akuntansi
Mampu memahami dan menjelaskan Prosedur Pemeriksaan Laporan Keuangan dalam membantu Auditor dalam Pemeriksaan Akuntansi.

Kompetensi Bidang Sistem Akuntansi
Mampu memahami dan menjelaskan langkah-langkah dalam penyusunan Sistem dan Prosedur dalam pembuatan Sistem Akuntansi.

Kompetensi Bidang Perpajakan
Mampu memahami dan menjelaskan Proses Perhitungan Pajak, dan pemahaman atas ketentuan dan tata cara perpajakan dalam penyusunan Laporan Keuangan Fiskal.

Profil Lulusan Jurusan Akuntansi

Lulusan Program Studi Akuntansi memiliki penguasaan dasar, yaitu berpengetahuan memadai dan terampil menyelesaikan persoalan serta menjunjung tinggi etika dan profesionalisme dibidang Akuntansi yang meliputi Akuntansi Keuangan, Pemerikasaan Akuntansi, Sistem Akuntansi dan Perpajakan.