Program Kerja BMJ Teknik Mesin Kuliah Tamu

Latar Belakang

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat, dengan pertumbuhan yang sangat cepat hingga dalam hitungan waktu yang amat singkat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut tentunya diikuti pula oleh dunia industri yang mana memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keahlian.

Teknologi zaman sekarang sangatlah banyak dan bermacam-macam, maka dari itu mahasiswa teknik harus mempunyai wawasan atau pengetahuan yang luas mengenai perkembangan teknologi. Dan akhirnya mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu tersebut atau bahkan menciptakan alat baru.

Dunia teknik dan dunia industri tak lepas dari masyarakat. Maka dari itu seharusnya mahasiswa diperkenalkan dengan hiruk pikuknya dunia industri, sehingga pada saatnya tiba ketika sudah bergelut dengan dunia industri mahasiswa tidak canggung bekerja di bidang teknik dan kembali ke masyarakat tidak ketinggalan trend yang berkembang.

Salah satu cara untuk mengetahui pengetahuan yang lebih banyak tentang dunia industri dan teknologi yaitu dengan melakukan Kuliah Tamu atau bisa disebut kuliah umum dengan mengundang pemateri yang memiliki pengalaman luas. Kuliah tamu ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menimba ilmu pengetahuan yang lebih mendalam sesuai dengan keilmuan profesi yang ditekuni.

Kegiatan ini mempunyai tema utama yaitu “INTEGRATED ENGINEERING IN MODERN AND RURAL COMMUNITY” Kemudian dibagi menjadi dua topik yaitu “Rancang Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro” yang dibawakan oleh Harsa Dhani, ST.,MT. (Universitas Katolik Widya Karya Malang) dan “Revolusi Industri 4.0 – Digitalisasi” yang dibawakan oleh Ir. Purnomo Budi Santoso, M.Sc, Ph.D. (Universitas Brawijaya). Kuliah Tamu ini merupakan  kegiatan  pertama dan terakhir di periode 2017-2018 yang diadakan oleh Badan Mahasiswa  Jurusan Teknik Mesin .

Tujuan

  1. Penerapan Tridharma Perguruan tinggi
  2. Menambah wawasan mahasiswa teknik
  3. Promosi Kampus

 

Bentuk Kegiatan

Kegiatan ini diselenggarakan diluar aktivitas belajar-mengajar dalam perkuliahan biasa.

Peserta Kegiatan

           Panitia mengundang 8 siswa SMA/SMK kota malang, 15 Dosen Fakultas Teknik dan Seluruh Mahasiswa Aktif Fakultas Teknik. Pada akhirnya Kuliah Tamu ini dihadiri 12 dosen Fakultas Teknik, dan  57 Mahasiswa Fakultas Teknik.

Hasil yang Dicapai

Setelah kegiatan ini mahasiswa Teknik diharapkan :

  1. Mengetahui perjalanan / perkembangan IT dalam dunia industri
  2. Mengetahui cara belajar IT
  3. Mengetahui rancang bangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro

Waktu dan Tempat

Kuliah Tamu ini akan diselenggarakan pada :

Hari                 : Jumat

Tanggal           : 18 Mei 2018

Pukul               : 14.00-17.00 WIB

Tempat            : Aula St Thomas Aquino

Universitas Katolik Widya Karya Malang

Jl. Bondowoso No.2 Malang