SAPAMABA 2019 “Cinta Budaya dan Karakter Kebangsaan”

Malang – Universitas Katolik Widya Karya, pada tahun ajaran baru ini mengadakan kegiatan SAPAMABA (Serangkaian Acara Pendampingan Awal Mahasiswa Baru) yang diselenggarakan pada hari Selasa (27/8) sampai dengan Jumat (30/8) dengan mengangkat tema “Pendidikan Cinta Budaya dan Karakter Kebangsaan”. Panitia SAPAMABA 2019 berupaya memberikan nilai cinta Budaya dan memiliki Karakter kebangsaan. Hal ini selaras dengan semngat kemerdekaan di bulan Agustus.

            “Kami melihat bahwa generasi muda saat ini perlu ditanamkan nilai cinta budaya serta memiliki karakter kebangsaan yang kuat untuk pembentukan karakter masing-masing.” ujar Nendra Prasetya  Steering Committee SAPA MABA 2019. Cinta budaya, menurut Nendra, tidak selalu harus ikut dalam sanggar tari misalnya, cinta budaya bisa berupa memakai batik itu sudah merupakan salah satu cinta budaya yang bisa diterapkan dalam kehidupan kita.

            Semangat cinta budaya tahun ini ditampilkan melalui dress code Batik. Daniel selaku ketua Organizing Committee mengatakan, “Cinta budaya pun kami tanamkan melalui pemakaian nama candi-candi yang ada di Indonesia sebagai nama kelompok.”

                Kegiatan ini diikuti oleh 153 peserta dari bebagai daerah di Indonesia yang sekaligus disambut oleh Bapak Heru Mulyono, SIP. MT selaku Camat Kecamatan Klojen, Kota Malang. Beliau dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan SAPAMABA ini dan mendukung penuh untuk kegiatan-kegiatan yang ada di kampus ini. serta beliau mengharapkan mahasiswa di Widya Karya bisa mempraktikannya di kantor Kecamatan sebagai program pengembangan studi dan softskill.             Minggu (1/9) lalu menjadi hari terakhir kegiatan SAPAMABA 2019 yang ditutup dengan kegiatan Inaugurasi sekaligus penghunjung acara. Inaugurasi ini dilaksakan pukul 16.00 – 21.00 WIB di halaman depan kampus. Beberapa aktivitas yang dilakukan adalah doa bersma, penampilan tiap fakultas, seremonial pemotongan tumpeng, makan malam bersama, akustik, penobatan King & Queen, serta penyerahan hadiah. -VR17-