Malam Keakraban Persatuan Mahasiswa Malang (PM3) “Eratkan Solidaritas Hargai Perbedaan Demi PM3 Yang Lebih Baik”

Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Katolik Widya Karya Malang pada hari Sabtu tanggal 19 Oktober 2019 lalu, menjadi tuan rumah kegiatan Makrab Persatuan Mahasiswa Mesin Malang (PM3). Persatuan Mahasiswa Mesin Malang (PM3) adalah salah satu organisasi ekstra kampus tingkat regional yang dikenal dan disegani di tingkat nasional. Sebuah lembaga yang bertugas melaksanakan kegiatan pengembangan dalam bidang keilmuan, sumber daya serta pengabdian masyarakat dalam wujud kesatuan Mahasiswa Mesin Malang Raya yang solid.

Dasar pemikiran Makab Persatuan Mahasiswa Mesin Malang (PM3) adalah akrab merupakan suatu kata yang mudah terucapkan, tetapi sulit dilakukan. Hal tersebut membuat seseorang merasa canggung dalam berkomunikasi ataupun manjalin hubungan kerjasama. Padahal salah satu kunci sebuah kesuksesan adalah seseorang mampu bekerjasama  membangun teamwork ataupun jaringan yang baik dengan berbagai pihak. Dengan adanya keakraban, bisa dipastikan kerjasama akan terbentuk, tetapi yang menjadi permasalahan sekarang ini adalah bagaimana membentuk sebuah keakraban di suatu lingkungan yang serba baru. Hal inilah yang memerlukan cara dan upaya agar suasana harmonis serta rasa solidaritas dapat tercipta. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan “Malam Keakraban (Makrab)“. Dimana dengan kegiatan ini diharapkan mampu membentuk keakraban yang menghasilkan sikap solidaritas antar sesama  Mahasiswa Teknik Mesin.

Makrab Persatuan Mahasiswa Mesin Malang (PM3) bertujuan mewujudkan dan menjalin kekeluargaan antar sesama anggota, membentuk watak mahasiswa yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi secara mandiri, mempunyai intelektual yang baik, berprestasi, religius, serta peka terhadap sosial. PM3 juga menjadi wadah pembelajaran bagi anggotanya dalam berorganisasi untuk menebarkan manfaat dan membawa kearah kemajuan.

Persatuan Mahasiswa Mesin Malang (PM3) berada dikawasan Forum Mahasiswa Mesin Indonesia Wilayah Jawa Timur (VII-A), tepatnya berada di regional Malang yang beranggotakan seluruh Himpunan Mahasiswa Mesin Perguruan Tinggi se-Malang Raya dengan jumlah 11 institusi. Anggota PM3 terdiri dari : Universitas Brawijaya Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Katolik Widya Karya Malang, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Merdeka Malang, Universitas Widyagama Malang, Institut Teknologi Nasional Malang, Universitas Gajayana Malang, dan Universitas Islam Raden Rahmat Kepanjen Malang.

(Iga Yuswantoro, Dewan Pertimbangan PM3 2018-2019)