Arti dan Tips Menghadapi 8 Pertanyaan Wawancara Kerja

Wawancara kerja masih dipandang sebagai salah satu proses yang paling penting bagi perusahaan untuk mengevaluasi karyawan potensial yang diperlukan. Bagi calon karyawan yang akan melakukan wawancara kerja menganggap situasi ini akan menegangkan dan rasa gugup pasti akan dihadapi. Yang perlu juga diketahui para pewawancara tidak akan melontarkan pertanyaan yang tidak penting, dangkal, dan tanpa arti. Ibaratnya mereka adalah “pintu gerbang” perusahaan yang memutuskan apakah seseorang bisa bergabung ke dalam perusahaan atau tidak. Pada saat mereka mengajukan pertanyan, apapun itu, mereka memliki motif atau alasan yang mendasarinya.

Berikut beberapa contoh pertanyaan yang biasanya  diajukan ketika wawancara berlangsung beserta tips bagaimana menghadapi dan menjawabnya.

Pertanyaan 1: Mengapa perusahaan kami harus menerima Anda?

Pertanyaan ini memiliki arti :
1. Memberi kesempatan bagi Anda dalam meyakinkan mereka, bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk dipekerjakan dan menjadi bagian dalam perusahaan.
2. Mereka ingin Anda mempromosikan diri, dan menyebutkan yang membuat Anda spesial dan berbeda dibandingkan pelamar yang lain.
Tips untuk Anda: Sebelum wawancara, berlatihlah mempromosikan diri Anda di depan cermin. Dengan berlatih terlebih dahulu, Anda bisa menilai apakah “promosi” Anda menarik atau tidak.

Pertanyaan 2: Ada yang ingin Anda tanyakan kepada kami?

Pertanyaan ini memiliki arti :
1. Apakah Anda mempersiapkan diri untuk wawancara dengan mencari informasi mengenai perusahaan terlebih dulu?
2. Apakah Anda serius tertarik dengan posisi yang Anda lamar atau hanya sekedar coba coba saja?
Tips untuk Anda: Kumpulkan pertanyaan seputar perusahaan yang ingin Anda masuki, tidak perlu banyak, satu atau dua cukup untuk membuktikan Anda mempunyai minat yang besar terhadap perusahaan tersebut

Pertanyaan 3: Mengapa Anda tertarik untuk bekerja atau bergabung di dalam perusahaan ini?

Pertanyaan ini memiliki arti :
1. Untuk mencari tahu apa motivasi Anda dalam bekerja, karena sebagian orang mencari peruntungan dan kesempatan dalam mendapatkan posisi pekerjaan yang sebenarnya mungkin tidak cocok dengan motivasi mereka.
2. Apakah Anda akan menjadi karyawan yang berdedikasi?
3. Apakah passion Anda sesuai dengan visi dan misi perusahaan? Tips untuk Anda: Jawab pertanyaan ini dengan antusias dan tunjukkan ketertarikan Anda. Dengan menjawab seadanya, mereka akan menganggap Anda sekedar iseng atau tidak benar-benar menginginkan posisi yang Anda lamar

Pertanyaan 4: Apakah Anda bersedia mengkuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat?

Pertanyaan ini memiliki arti :
1. Apakah Anda fleksibel (mudah dibentuk) untuk memenuhi tujuan perusahaan?
2. Apakah Anda cakap bekerja dalam tim?
3. Apakah Anda akan berusaha semaksimal mungkin ketika dihadapkan pada pekerjaan yang sulit?
4. Bagaimana sikap Anda ketika diberi pekerjaan ekstra? Bersedia atau tidak?
Tips untuk Anda: Jawab pertanyaan ini dengan menyiratkan bahwa Anda adalah orang yang mampu bekerja dalam tim, mau belajar, mengerti pentingnya pendidikan dan kemajuan intelektual.

Pertanyaan 5: Coba beritahu kami, di mana Anda atau apa yang Anda lihat dalam lima tahun ke depan?

Pertanyaan ini memiliki arti :
1. Untuk mengetahui apakah Anda orang yang stabil, dapat diandalkan, dan mempunyai komitmen pada pekerjaan Anda.
2. Apakah Anda mempunyai rencana untuk fokus dalam pekerjaan ini atau hanya berlangsung sementara sampai Anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik?
3. Apakah Anda seseorang yang berorientasi pada tujuan?
Tips untuk Anda: Jika Anda memberikan jawaban yang menyiratkan bahwa Anda hanya akan berada di perusahaan ini untuk satu atau dua tahun saja, maka sebagian besar perusahaan tidak akan menerima Anda. Ingat, selama wawancara tujuan Anda dalam bekerja hanya satu, yaitu menjadi karyawan yang loyal dan berkomitmen untuk perusahaan

Pertanyaan 6: Apa sajakah hobi Anda?

Pertanyaan ini memiliki arti :
1. Apa saja yang Anda lakukan selain bekerja, yang bisa membawa pengaruh positif dalam lingkungan pekerjaan Anda?
2. Seberapa baikkah Anda dalam bersosialisasi?
3. Apakah Anda tipe orang yang berorientasi pada kerja sama?
Tips untuk Anda: Tekankan hobi atau kegiatan yang mungkin berhubungan dengan dunia pekerjaan atau perusahaan. Anda juga bisa menambahkan jawaban pertanyaan ini dengan menceritakan tentang passion Anda.

Pertanyaan 7: Coba ceritakan tentang diri Anda?

Pertanyaan ini memiliki arti :
1. Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk wawancara?
2. Apa yang membuat Anda spesial?
3. Mengapa mereka harus menerima Anda sebagai karyawan?
Tips untuk Anda: Lagi-lagi, sebelum wawancara Anda harus mempersiapkan diri dengan berlatih menjawab pertanyaan ini. Inti dari jawaban haruslah menyebutkan mengenai pencapaian yang ingin Anda peroleh, pengalaman yang sudah Anda alami, dan apa motivasi Anda dalam menuju sukses

Pertanyaan 8: Apa sajakah kelebihan dan kelemahan Anda?

Pertanyaan ini memiliki arti :
Ketika pewawancara bertanya mengenai kelebihan Anda, ia sedang mencari tahu apakah Anda dapat menjadi aset bagi perusahaan mereka? Dan bagaimana Anda menilai bakat professional dan kemampuan Anda sendiri.

Sedangkan bila pewawancara bertanya mengenai kelemahan Anda, ia sedang mencari tahu apakah Anda akan berkata jujur tentang diri Anda kepada mereka? Dan seberapa realitiskah Anda terhadap diri Anda sendiri.
Tips untuk Anda: Rendah hatilah saat mengungkapkan kelebihan Anda, jangan bersikap arogan. Sebutkan contoh pekerjaan atau kegiatan yang mewakili kekurangan Anda. namun jangan habiskan terlalu banyak waktu dalam menyebutkan kekurangan, lebih baik singkat dan padat. Siapkan pula jawaban yang bijak bila kemudian mereka bertanya, “Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut?”

Sumber : Kompas,co

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *