Profil Lulusan dan Kompetensi Program Studi S1 Ilmu Hukum

   Kualitas dan kompetensi lulusan yang diharapkan telah dirumuskan dalam tujuan program studi yaitu menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang hukum bisnis maupun penyelesaian sengketa, memiliki etos kerja yang tinggi dan bertanggung jawab. Secara terperinci, kompetensi dan etika yang diharapkan dari lulusan adalah:

  1. Lulusan memahami hukum di bidang bisnis: hukum perjanjian, hukum asuransi, hukum kepailitan, hukum penanaman modal, hukum HaKI, hukum ketenagakerjaan.
  2. Lulusan memahami dan menerapkan proses penyelesaian sengketa baik secara litigasi maupun non litigasi.
  3. Lulusan mampu memahami dan melakukan advokasi terhadap anak dan perempuan sebagai korban kejahatan secara psikis maupun fisik baik lingkup domestik/keluarga atau publik.
  4. Lulusan mampu memahami dan melakukan negosiasi dalam perjanjian.
  5. Lulusan mampu memahami dan membuat dokumen kontrak secara lengkap dan cermat serta dapat dipertanggungjawabkan secara legal.
  6. Lulusan mempunyai kepribadian yang tangguh dan mandiri dalam berkehidupan di masyarakat

   Oleh karena itu dalam pengembangan kurikulum maka kurikulum jurusan disusun dengan berpedoman pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan disesuaikan dengan kebutuhan nyata di bidang hukum dan profesional mengacu pada Kualifikasi Kerangka Nasional Indonesia (KKNI) standar 6.