Profil Program Studi S1 Akuntansi

VISI

Menjadi komunitas akademik yang pluralis, tangguh, terpercaya, memiliki daya saing dan etos kerja yang tinggi, serta menguasai Ilmu Akuntansi dan bisnis secara lebih mandiri dan kompetitif berdasarkan Iman Kristiani

MISI

Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) di bidang Ilmu Akuntansi yang berbasis kompetensi secara komprehensif dan profesional berdasarkan iman Kristiani.
Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu Akuntansi sesuai dengan perkembangan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di bidang Akuntansi dengan lebih inovatif dan kreatif.
Melaksanakan tata kelola Jurusan/Program Studi secara profesional untuk membentuk peserta didik dan menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, etos kerja tinggi, kemandirian, serta menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang Akuntansi
TUJUAN

Membentuk peserta didik yang bermoral, demokratis, penuh tenggang rasa, berintegritas tinggi, dan berbudi pekerti luhur berbasis bidang ilmu Akuntansi.
Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan menguasai ilmu Akuntansi, teknologi informasi, serta berkarakter profesional, kreatif, inovatif, bertanggung jawab mandiri.
KOMPETENSI LULUSAN JURUSAN AKUNTANSI MELIPUTI 4 BIDANG KEAHLIAN (KONSENTRASI) SEBAGAI BERIKUT :

Kompetensi Bidang Akuntansi Keuangan
Mampu memahami dan menjelaskan Praktek Akuntansi baik secara manual maupun komputerisasi, dan menyajikannya dalam bentuk Laporan Keuangan Periodik, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan, pada perusahaan yang berbadan hukum Perseorangan, Persekutuan, Perseroan Terbatas, dan Koperasi dalam lingkup Perusahaan Swasta, BUMN, Instansi Pemerintah, dan Sektor Publik lainnya.

Kompetensi Bidang Pemeriksaan Akuntansi
Mampu memahami dan menjelaskan Prosedur Pemeriksaan Laporan Keuangan dalam membantu Auditor dalam Pemeriksaan Akuntansi.

Kompetensi Bidang Sistem Akuntansi
Mampu memahami dan menjelaskan langkah-langkah dalam penyusunan Sistem dan Prosedur dalam pembuatan Sistem Akuntansi.

Kompetensi Bidang Perpajakan
Mampu memahami dan menjelaskan Proses Perhitungan Pajak, dan pemahaman atas ketentuan dan tata cara perpajakan dalam penyusunan Laporan Keuangan Fiskal.

Profil Lulusan Jurusan Akuntansi

Lulusan Program Studi Akuntansi memiliki penguasaan dasar, yaitu berpengetahuan memadai dan terampil menyelesaikan persoalan serta menjunjung tinggi etika dan profesionalisme dibidang Akuntansi yang meliputi Akuntansi Keuangan, Pemerikasaan Akuntansi, Sistem Akuntansi dan Perpajakan.