SOSIALISASI PANDUAN PENYUSUNAN MODUL MATA KULIAH

   Panduan Penyusunan Modul Mata Kuliah Universitas Katolik Widya Karya Malang disusun oleh Tim Penyusun Template Modul Mata Kuliah berdasarkan Surat Tugas Rektor No. 009/Unika/Tugas/I/2016. Panduan ini digunakan sebagai acuan dosen untuk menyusun modul mata kulaih dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen dan efektivitas proses belajar mengajar. Sebagai bagian dari tugas Tim maka Universitas Katolik Widya Karya Malang melaksanakan Sosialisasi Panduan Penyusunan Modul Mata Kuliah pada Hari Sabtu, tanggal 2 April 2016, Pkl. 08.10 – 09.50 di Aula St. Thomas Aquino. Acara sosialisasi dihadiri 38 dosen dari seluruh jurusan.

   Sosialisasi diawali dengan doa pembukaan yang dipimpin oleh Drs. Cornelius Niwadolo, MM, dan dilanjutkan dengan arahan Rm. Albertus Herwanta, O.Carm., MA sebagai Rektor Universitas Katolik Widya Karya Malang. Rektor mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah menyusun panduan penyusunan modul mata kuliah dan mengharapkan semua dosen untuk menggunakan modul yang disusun dalam kegiatan proses belajar mengajar sehingga modul ini akan menjadi model pembelajaran yang teratur dan menjadi kegiatan promotif yang berkualitas. Harapan Rektor selanjutnya adalah bahwa sosialisasi ini dapat memberikan manfaat bagi para dosen untuk melengkapi materi yang telah diperoleh dalam kegiatan Pelatihan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI).

   Substansi pertama dari acara sosialisasi disampaikan oleh Dr. R. Diah Imaningrum, S.H., M.Hum., sebagai Wakil Rektor 1. Beliau menjelaskan bahwa modul merupakan salah satu bagian dari Rencana Strategis Universitas Katolik Widya Karya Malang, yaitu peningkatan kualitas akademik dosen dan kegiatan dalam peningkatan standar proses pembelajaran. Modul juga merupakan tahap berikutnya dari penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Dalam rubrik Beban Kerja Dosen (BKD), modul termasuk salah satu bidang kegiatan penelitian dan dihargai sebesar 2 (dua) sks dan dikerjakan dalam waktu 2 (dua) semester atau 1 (satu) tahun. Panduan modul dibuat berdasarkan perbandingan dari berbagai sumber dan referensi. Dalam lembar pengesahan modul, Ketua Prodi/Jurusan/Bidang/Program berperan penting karena menyetujui substansi dan sistematika dari modul. Dekan mengetahui modul tersebut dan pengesahan modul dilakukan oleh Ketua Pusat Penjaminan Mutu (PPM).

 

   Sosialisasi dilanjutkan oleh Dr. Drs. Agustinus Indradi, M.Pd. dengan memaparkan bagian utama dari panduan, yang meliputi sistematika penulisan, tata cara penulisan, dan rujukan. Pemaparan dilengkapi dengan penjelasan template Halaman Judul, Lembar Pengesahan, Surat Pengesahan Bebas Plagiasi, Kata Pengantar, dan Daftar Isi. Untuk memudahkan para dosen dalam menyusun modul, Ir. Sari Perwita, MSIE memberikan contoh 1 (satu) bab dalam modul dengan mengacu pada panduan yang telah dijelaskan sebelumnya. Beberapa pertanyaan diajukan oleh peserta sosialisasi untuk lebih memahami materi panduan. Berdasarkan hasil tanya-jawab, maka dihasilkan beberapa kesepakatan baik yang secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan penyusunan modul, antara lain 1) penyusunan kompetensi dasar dan indikator mengacu pada hasil pelatihan Program PEKERTI, dan 2) batas akhir pengumpulan modul untuk Tahun Akademik 2015/2016 adalah tanggal 15 Agustus 2016. Acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Sr. Clementia, M.Pd.