Visi Misi Program Studi S1 Ilmu Hukum

Visi

   Visi Fakultas Hukum adalahan menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu hukum dan mampu menerapkannya, berwawasan  plural, berkepribadian   tangguh, terpercaya, dan memiliki daya saing, kemandirian , serta etos kerja tinggi berdasarkan Iman Kristiani.

Dengan penjabaran penjelasan sebagai berikut :

a. Pluralis Menghargai keberagaman kekayaan iman dan budaya tanpa menghilangkan jati diri Unika sebagai lembaga pendidikan Katolik dengan mengutamakan keberpihakan kepada yang lemah.
b. Tangguh Mampu beradaptasi dan berinovasi di tengah persaingan dan perubahan global.
c. Terpercaya Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, profesional dan diakui masyarakat, bangsa, negara dan gereja.
d. Daya saing Kemampuan dari institusi dan jurusan/prodi untuk menunjukkan keunggulan dalam bidangnya dibandingkan dengan institusi dan jurusan/prodi lainnya.
e. Kemandirian Menunjukkan karakter yang tidak tergantung, memiliki kepercayaan diri menjadi profesional di bidang hukum.
f. Iman Kristiani Keyakinan yang bertumpu pada martabat manusia sebagai ciptaan Tuhan sehingga nilai-nilai kemanusiaan antara lain rasa tanggung jawab, semangat pelayanan, kerjasama, keterbukaan, kesadaran dan hak dan kewajiban, cinta akan kebenaran, kejujuran, keadilan dan semangat belajar seumur hidup.
g. Etos kerja Berarti moral atau menunjukkan kecenderungan karakter, sikap, kebiasaan, keyakinan dan keberadaan diri, jiwa, dan pikiran yang membentuk seseorang.

2.2.   Misi jurusan/Program Studi Hukum

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) di bidang ilmu hukum secara komprehensif yang berbasis kompetensi berdasarkan iman Kristiani.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu  hukum  sesuai dengan perkembangan sosial budaya dan  teknologi secara  inovatif dan kreatif.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, etos kerja tinggi, kemandirian, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang h

2.3.   Tujuan jurusan/Program Studi Hukum

Menghasilkan sarjana hukum yang memiliki kemampuan untuk:

  1. Memahami azas, konsep, dan kaidah hukum.
  2. Menerapkan azas, konsep, dan kaidah hukum dalam menangani masalah hukum sesuai dengan kompetensinya.
  3. Bersikap dan berperilaku secara bermoral, demokratis, penuh tenggang rasa, berintegritas tinggi, serta berbudi pekerti luhur.