Workshop Metode Pewartaan di Era Digital

Minggu 13 November 2022 kembali Unika Widya Karya Malang mengadakan workshop untuk umum. Workshop kali ini bertemakan Metode Pewartaan di Era Digital. Workshop yang diselelnggarakan di aula Santo Thomas Aquino ini dibawakan oleh Dr. Agustinus Indradi, M.Pd. dan Andy Endra Krisna, S.S., M.Pd. sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan juga sebagai bentuk promosi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Widya Karya Malang.

Tema ini sengaja diambil oleh pemateri untuk mendukung misi pewartaan awam di tengah maraknya penggunaan teknologi informasi khususnya dalam media sosial. Workshop ini dihadiri oleh 95 peserta yang berasal dari kota Malang dan luar kota Malang. Selain kaum awam yang memiliki minat dibidang pewartaan, ada ada juga Romo, Frater, Suster, dan juga para Karmelit Awam yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Acara diawali dengan senyum, sapa, dan sanjung yang dilakukan oleh Pak Krisna kepada para peserta yang telah hadir dan memasuki aula. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu pujian bersama untuk pujian dan untuk membangkitkan semangat sebelum acara dimulai. Setelah itu dilanjutkan dengan doa pembuka yang dipimpin oleh salah seorang peserta dari Surabaya. Kemudian ada sambutan singkat dari Ibu Dra. Anni Yudiastuti, M.P. selaku dekan fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Bapak Danang Murdianto, S.T., M.T. selaku Wakil Rektor Unika Widya Karya Malang. Acara inti dimulai dengan pemberian materi oleh Pak Agus dan Pak Krisna tentang pewartaan yang melibatkan teknologi informasi khususnya media sosial dengan beberapa platform yang lazim digunakan di Indonesia.

Pak Agus juga mengenalkan RENTIGRAF (Renungan Tiga Paragraf). Setelah memberikan beberapa contoh, akhirnya para peserta diminta untuk berlatih membuat rentigraf. Selesai acara nantinya, para peserta diminta mulai membuat rentigraf dan mengirimkan 3 rentigrafnya ke panitia untuk berikutnya akan dicetak dalam sebuah buku kumpulan rentigraf. Pada bagian akhir, acara diisi dengan sesi tanya jawab dan pembagian door price. Acara workshop itu pun berjalan dengan meriah selama 2,5 jam.

 

Krisna UKWK